Jakarta (ANTARA) - Sandy Febiansyakh Kurniawan tidak akan lagi membela Bali United pada IBL musim 2024 dikarenakan masa kontraknya yang sudah habis dan tak lagi diperpanjang.

"Ya betul. Kontrak saya habis dengan Bali United," kata Sandy mengutip laman resmi IBL di Jakarta, Jumat.

Akun media sosial Bali United Basketball Club menginformasikan bahwa salah satu pemain andalannya di musim 2023 tidak akan bermain lagi untuk musim depan. Pemain senior tersebut hanya bermain satu musim bersama Tridatu Warriors.

Sandy yang merupakan peraih gelar IBL musim 2016 bersama CLS Knight Surabaya ini sempat menepi dari dunia bola basket karena cedera patah tulang tangan.

Saat itu dia bergabung dengan tim Louvre Surabaya. Namun baru tiga laga, Sandy sudah tidak bisa melanjutkan musim karena mengalami patah tulang yang membuatnya absen selama musim 2022 untuk penyembuhan cedera.

Sandy kemudian merapat ke Bali United jelang musim 2023. Dia masuk bersamaan dengan dua pemain senior lainnya, yakni Galank Gunawan dan Bima Riski Ardiansyah.

Sandy mampu memberi dampak yang besar dalam tim tersebut dilihat dari kontribusinya selama musim 2023 karena untuk pertama kalinya Bali United bisa lolos ke babak playoff IBL sejak bergabung di IBL.

Baca juga: Grand Final IBL 3x3 dibagi dua grup, SM dan PJ bertemu lagi

Selama membela Bali United, Sandy bermain 30 pertandingan, termasuk laga di playoff. Statistiknya adalah 8,2 poin per gim; 1,9 rebound per gim; 1,9 assist per gim; dan 1,2 steal per gim.

Sandy terkadang muncul sebagai starter, tetapi juga tak jarang dipasang sebagai pemain lini kedua. Meski begitu, dia punya menit bermain yang cukup banyak yakni 24,3 menit per gim di musim 2023.

Meskipun sudah tak lagi membela klub Bali United, hingga saat ini belum ada informasi lebih lanjut Sandy akan berlabuh ke tim mana. Namun dengan kualitasnya yang kerap menjadi penentu pada sejumlah gim Bali United di IBL 2023, Sandy masih bisa dikatakan sebagai salah satu shooter terbaik di Indonesia. Meskipun dia juga harus bersaing dengan pemain-pemain lain yang lebih muda.

Baca juga: Manajer timnas apresiasi IBL bolehkan pemain asing keturunan Indonesia
Baca juga: IBL musim 2024 dijadwalkan tip-off pada Januari

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023