kegiatan TMC yang telah dilakukan beberapa daerah sudah turun hujan
Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan memperpanjang durasi kegiatan teknik modifikasi cuaca (TMC) mulai dari 13-17 Oktober 2023, sebagai salah satu bentuk upaya penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Muhammad Iqbal saat diwawancarai di Palembang, Jumat, mengatakan perpanjangan tersebut dilakukan, sebab sejumlah daerah di Sumsel sudah turun hujan dari hasil kegiatan TMC.

“Alhamdulillah dari kegiatan TMC yang telah dilakukan beberapa daerah sudah turun hujan, yakni Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Ogan Ilir, Muara Enim, Banyuasin, Musi Banyuasin, serta Penukal Abab Pematang Ilir (PALI), sehingga berkurang jumlah titik api (hotspot) dan angka Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) juga mengalami penurunan,” katanya.

Baca juga: Gubernur Sumsel apresiasi kerjasatgas gabungan karhutla
Baca juga: Desa di OKI Sumsel sulap mobil bak jadi armada pemburu karhutla


Ia mengatakan kegiatan TMC itu akan dilakukan maksimal tiga kali dalam satu hari di masing-masing daerah. Dan dilakukan bergantung dengan adanya awan potensi penghujan.

Sedangkan, upaya lainnya untuk menanggulangi karhutla yang terjadi juga sudah dilakukan penebalan personel di titik-titik rawan karhutla dari TNI, Polri, dan Manggala Agni.

“Untuk penanganan karhutla ini dibagi dua lahan gambut dan mineral, cara penanggulangannya berbeda-beda, di lahan mineral untuk lokasi yang tidak terlalu jauh dan dan ada akses jalannya bisa dilakukan dengan pemadaman darat menggunakan mobil," katanya.

Namun ia menjelaskan, untuk lahan gambut ini perlu upaya darat, dan udara. "Untuk api yang masih kecil belum meluas bisa dengan water bombing. Untuk selanjutnya bisa dengan darat, namun memang kendala di air,” kata Iqbal.

Baca juga: Walhi Sumsel kawal penegakan hukum korporasi penyebab karhutla 
Baca juga: BNPB tambah unit TMC perkuat pemadaman karhutla di provinsi prioritas
Baca juga: 12 helikopter pengebom air dikerahkan atasi karhutla Sumsel

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023