Kayu Agung, OKI (ANTARA) - Sejumlah kepala desa di Mesuji Makmur Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) menyulap kendaraan "pick up" atau bak terbuka menjadi armada pemburu dan pemadam kebakaran hutan dan lahan.

"Ini ide kreatif dari para kepala desa untuk mengatasi karhutla, sudah ada 13 unit armada desa lainnya segera menyusul," kata Camat Mesuji Makmur Kabupaten OKI, Imam Tohari di OKI, Sabtu (7/10).

Kiat itu berawal dari kebakaran lahan yang melanda kebun warga, muncul ide kreatif para kepala desa di Kecamatan Mesuji Makmur agar cepat ditanggulangi. Saat ini dari 19 desa, 13 desa diantaranya sudah memiliki armada pemadam karhutla.

Imam menceritakan keberadaan armada pemadam karhutla ini lebih memudahkan aparat desa menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah desanya.

Baca juga: Personel Manggala Agni dibekali bioplacenton antisipasi luka bakar

Baca juga: Kades OKI Sumsel diminta untuk proaktif cegah karhutla 


"Kita membantu satgas daerah yang berjibaku melawan karhutla, para kepala desa dan masyarakat tanggap terhadap bencana ini," katanya.

Mobil pick up atau truk milik warga disiagakan sebagai armada karhutla. Dengan perlengkapan tandon air, mesin penyemprot serta selang sederhana, namun bermanfaat.

Petugas pemadam terdiri dari hansip desa ditambah perangkat desa dan masyarakat.

"Jadi sistem kerjanya keroyokan jika api membesar armada damkar dari desa sekitar turut membantu," katanya.*

Baca juga: Polda Sumsel kembali kirim 100 personel padamkan karhutla OKI

Baca juga: Satgas karhutla tambah posko siaga di OKI Sumsel

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023