Euforia MotoGP Mandalika 2023 sudah terlihat mulai hari ini.
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan, ajang MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober 2023 menjadi sarana promosi pariwisata nasional yang efektif, terutama bagi Kabupaten Lombok Tengah.

"Hal tersebut dapat dilihat dari antusiasme pada sektor pariwisata yang terjadi pada penyelenggaraan MotoGP Mandalika tahun lalu," kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Jamaludin, di Praya, Jumat.

Ia mengatakan, hal ini membawa dampak positif bagi para pelaku pariwisata, ekonomi kreatif, dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Sebagai antisipasi atas lonjakan wisatawan di tahun ini, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah telah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pengaduan Konsumen.

“Karena sudah dapat laporan di tahun 2022 terkait harga tinggi kamar hotel, kali ini sudah ada SK dari Lombok Tengah untuk membentuk satgas," katanya.

Salah satu yang menjadi poin perhatian, menurut Jamaluddin, adalah harga kamar hotel tidak boleh melebihi ketentuan yang telah diatur melalui peraturan gubernur (pergub) yang ada. Untuk itu, Satgas Pengaduan Konsumen akan melakukan pengawasan terhadap hotel dan transportasi, serta membuka posko pengaduan di berbagai lokasi.

“Kami terus melakukan evaluasi, salah satunya terkait hotel. Sampai saat ini tidak ada keluhan yang disampaikan kepada satgas terkait mahalnya harga akomodasi hotel seperti pada tahun 2022,” katanya pula.

Asisten II Setda Lombok Tengah H Lendek Jayadi menjelaskan bahwa bagi para penonton MotoGP Mandalika 2023 yang masih mendapatkan masalah terkait akomodasi dan transportasi dapat melaporkan langsung kepada satgas yang sudah terbentuk.

Harapannya, kata Lendek, agar hotel dan transportasi sudah siap, baik dalam hal pelayanan, harga, hingga solusi dalam berbagai permasalahan lainnya. Untuk itu, banyak pihak yang ikut dilibatkan dalam satgas ini, mulai dari pemerintah, asosiasi perhotelan dan agen perjalanan, hingga berbagai pihak lainnya.

"Euforia MotoGP Mandalika 2023 sudah terlihat mulai hari ini," katanya lagi.
Baca juga: Pertamina hadirkan 50 UMKM di ajang MotoGP Mandalika 2023
Baca juga: AirNav: Ada 77 penambahan penerbangan menjelang ajang MotoGP Mandalika

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023