Jakarta (ANTARA) - Delegasi Indonesia telah mengunjungi Oslo, Norwegia, pada 9-12 Oktober 2023 guna mempercepat realisasi komitmen investasi Norwegia senilai 250 juta dolar AS (Rp3,9 triliun) dalam Just Energy Transition Partnership (JETP) untuk dekarbonisasi Indonesia.

“Kunjungan bisnis merupakan inisiatif Indonesia guna menarik investasi Norwegia bagi pengembangan energi terbarukan Indonesia," kata Duta Besar Indonesia untuk Norwegia Teuku Faizasyah dalam keterangan tertulis dari KBRI Oslo di Jakarta, Sabtu.

Kunjungan itu diselenggarakan atas kerja sama KBRI Oslo, Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Innovation Norway dan Indonesia Norway Society (INS).

Norwegia adalah salah satu negara yang memberikan komitmen pendanaan JETP Indonesia yang diumumkan pada KTT G20 di Bali tahun lalu.

Sejumlah pejabat ikut dalam rombongan tersebut, termasuk Kepala Sekretariat JETP Indonesia/Penasihat Khusus Menkomarves Bidang Perdagangan Karbon, Edo Mahendra dan anggota Badan Penasihat Kota Sumedang, Dony Ahmad Munir.

Dalam kunjungan itu digelar pula pertemuan bisnis antara perusahaan-perusahaan Indonesia dengan Norwegia dalam bidang energi terbarukan seperti Tinfos, Release by Scatec, Fred Olsen Renewables, Norconsult, and Ocean Sun untuk membahas potensi proyek energi terbarukan di Indonesia.

Baca juga: KBRI promosikan paket tur, program wisata Indonesia di Norwegia

Delegasi Indonesia juga bertemu dengan institusi Norwegia NORAD dan NORWEP untuk mengeksplorasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam energi terbarukan.

Mereka juga juga bertemu dengan NORFUND guna membahas rencana investasi energi terbarukan Indonesia. NORFUND adalah badan pemerintah Norwegia untuk investasi di negara berkembang yang ditunjuk sebagai institusi penyalur dana ke JETP Indonesia.

Sementara itu, Pemda Sumedang bertemu dengan Departemen Iklim Pemerintah Kota Oslo untuk membicarakan tata kota dan pembangunan daerah yang fokus kepada lingkungan hidup dan kesejahteraan sosial.

Kerja sama energi terbarukan adalah salah satu pilar utama dalam hubungan Indonesia dan Norwegia. 

Kedua negara memiliki Forum Konsultasi Bilateral Energi (FKBE) sebagai wadah diskusi dalam bidang energi terbarukan.

Juni tahun lalu di Oslo sudah digelar KBE Indonesia dan Norwegia kesembilan yang dipimpin Menteri ESDM Arifin Tasrif dan Menteri Perminyakan dan Energi Norwegia Terje Asland.

Baca juga: Film Indonesia di festival Fra Sr 2022 pukau publik Norwegia

Pewarta: Asri Mayang Sari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2023