Momen MotoGP dan planogram ini diharapkan menjadi ‘booster’ promosi bagi merek-merek yang terlibat.....
Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkolaborasi dengan Bank Indonesia, PT Angkasa Pura I Bandara Lombok, dan Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat menghadirkan planogram "Goes To Mandalika 2023" di Bandara Lombok untuk mendukung MotoGP Mandalika 2023.

"Instalasi interaktif yang menampilkan 100 merek dari sektor fesyen, kriya, dan kuliner terkurasi ini berlokasi di area lobi terminal penumpang Bandara Lombok dan digelar selama periode MotoGP 2023 atau hingga 16 Oktober 2023," kata Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat mengunjungi planogram di Bandara Lombok didampingi oleh Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi dan General Manager Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan, Sabtu.

Ia mengatakan, Planogram ini merupakan bagian dari langkah Kemenparekraf dalam mendukung event sport tourism kelas dunia MotoGP 2023 yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, 13-15 Oktober 2023.

"Momen MotoGP dan planogram ini diharapkan menjadi ‘booster’ promosi bagi merek-merek yang terlibat sekaligus menciptakan multiplier effect yang lebih besar," ujarnya.

Baca juga: KemenKopUKM tampilkan potensi UKM ekspor di MotoGP Mandalika

Planogram “Goes to Mandalika 2023” memuat informasi dan foto-foto produk kreatif beserta QR Code-nya yang akan tersambung dengan akun resmi pelaku kreatif di marketplace nasional atau platform penjualan lain (media sosial, website, dan lainnya).

Pembayaran pembelian produk kreatif dapat dilakukan secara nontunai menggunakan QRIS yang didukung oleh Bank Indonesia. Untuk selanjutnya, produk kreatif akan dikirim ke alamat pembeli melalui jasa ekspedisi pengiriman barang.

Selain itu, terdapat juga display produk yang dapat dibeli secara langsung.

"Saya yakin planogram dapat menggeliatkan ekonomi pariwisata dan ekonomi kreatif Mandalika dan sekitarnya serta dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas untuk masyarakat yang berujung pada kebangkitan ekonomi Indonesia," katanya.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023 jadi ajang promosi Wonderful Indonesia

Sementara itu, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok Rahmat Adil Indrawan mengatakan, keberadaan planogram ‘Goes to Mandalika 2023’ ini merupakan salah satu wujud komitmen PT Angkasa Pura I dalam ikut serta mendorong kemajuan UMKM dan para pelaku ekonomi kreatif yang mewakili seluruh daerah di Indonesia dan khususnya Provinsi NTB melalui penyediaan ruang promosi di dalam area Bandara Lombok.

"Dalam momentum MotoGP 2023 ini, planogram bisa menjadi alternatif tempat berbelanja bagi para pengunjung bandara," katanya.


 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023