Banjarmasin (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menggelar Festival Nan Sarunai yang menyuguhkan aneka batik Tabalong kreasi perajin asal 'Bumi Saraba Kawa' dengan tema Batik Tabalong Ethnic.

Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mengatakan festival Nan Sarunai ini menjadi ikhtiar bersama untuk wujudkan Kabupaten Tabalong sebagai "Serambi Depan Kalsel".

"Festival ini ajang kita mengenalkan budaya dan kreasi Tabalong sekaligus mewujudkan Tabalong sebagai Serambi Depan Kalsel," jelas Anang saat menghadiri pembukaan Festival Nan Sarunai di Banjarmasin, Minggu.

Sebagai Kepala Daerah Anang mengaku bangga kini batik Tabalong telah merambah pasar nasional hingga internasional .

Dari segi budaya, ungkap Anang, batik Tabalong melengkapi khazanah kain sasirangan dengan berbagai motif yang bisa menjembatani budaya Banjar dan Dayak di Kabupaten Tabalong.

Batik Tabalong yang diluncurkan sejak 2016 dengan motif dasar gigi haruan, kelabang dan Langsat Tanjung.

Anang mengatakan Festival Nan Sarunai yang didukung dana CSR PT Adaro Indonesia ini diharapkan bisa memajukan UMKM lokal khususnya perajin batik Tabalong.

Ada sekitar 80 UMKM binaan Adaro mulai usaha makanan, minuman serta perajin batik Tabalong.

"Festival ini diharapkan memajukan UMKM batik Tabalong agar lebih maju dan dikenal di berbagai kalangan serta terus berkembang," jelas Firmansyah.

Mewakili Gubernur Kalsel Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Provinsi Kalsel Nurul Fajar Desira menyampaikan rasa bangga akan keindahan dan daya tarik batik Tabalong.

"Kehadiran batik Tabalong menambah corak kain khas sasirangan dan bukti peran Tabalong sebagai gerbang IKN," jelas Fajar.

Pewarta: Gunawan Wibisono/Herlina Lasmianti
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023