Jakarta (ANTARA) - Staf Teknis Komunikasi Transformasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dr Ngabila Salama mengatakan empat dari sepuluh remaja seusia SMP dan SMA di DKI Jakarta merupakan perokok.

"Jumlah perokok anak usia SMP dan SMA itu 36 persen, artinya dari sepuluh orang remaja usia SMP dan SMA di Jakarta, empat orangnya (adalah) perokok," katanya dalam gelar wicara terkait rokok yang diikuti secara daring di Jakarta, Senin.

Ngabila yang juga Kepala Seksi Surveilans, Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta itu mengatakan hasil tersebut diperoleh dari survei yang dilakukannya terhadap 3.000 orang anak dan remaja di DKI Jakarta.

Dari 3.000 sampel tersebut, dia menyebutkan mayoritas perokok usia remaja didominasi oleh siswa SMP dengan usia 12-15 tahun. Di samping itu, terdapat pula perokok dengan usia termuda, yakni tujuh tahun atau usia anak kelas satu SD.

"Faktor yang paling banyak adalah karena rasa ingin tahu, ikutan teman dan pergaulan, serta mencontoh perilaku orang terdekat, dalam hal ini ayah atau ibu," ujarnya.

Ngabila mengatakan hal tersebut diperparah dengan fakta yang menunjukkan setiap 1 km² wilayah di DKI Jakarta, terdapat 12-15 kios yang menjual rokok secara ketengan.

Selain itu, dia menambahkan para anak dan remaja juga memiliki akses yang sangat mudah untuk membeli rokok, yakni dengan radius 100 hingga 200 meter dari sekolahnya.

"Akses dekat, harga murah, ikutan teman, dan ternyata setiap 1 km² di Jakarta itu terdapat 12-15 pedagang rokok ketengan. Gambarannya seperti itu, konsumsi rokok pada masyarakat tinggi," ungkapnya.

Selain itu, Ngabila juga menyebutkan seseorang yang memiliki teman yang perokok, maka memiliki kesempatan 3,2 kali lebih besar untuk juga merokok. Kemudian, seseorang yang melihat iklan rokok memiliki kesempatan lima kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan yang tidak melihat.

Padahal, kata dia, rokok mengandung sekitar tujuh ribu zat berbahaya, di antaranya adalah nikotin yang mengakibatkan adiksi, tar yang memicu kanker pada tubuh, serta karbon monoksida yang menyebabkan sel darah menjadi kekurangan oksigen. Untuk itu, dia mengimbau agar para remaja tidak memulai untuk merokok dalam jenis apapun, karena rokok berbahaya bagi kesehatan.

"Semua jenis rokok itu berbahaya, baik konvensional, lintingan, elektrik/vape, dan rokok herbal. Banyak yang bilang baik, tapi tetap di bakar dan keluar asap itu rokok, sama aja, membuat masalah kesehatan yang luar biasa," tutur Ngabila Salama.

Baca juga: Kemenkes: Rokok adalah biang kerok masalah multidimensional di dunia
 

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023