Jakarta (ANTARA) - Timnas bulu tangkis Indonesia harus kehilangan dua wakil andalannya pada turnamen Denmark Open 2023 yang akan bergulir pada 17-22 Oktober di Odense, yaitu ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo.

Pelatih ganda putri Pelatnas PBSI Eng Hian mengatakan bahwa faktor cedera yang dialami Apriyani menjadi alasan mengundurkan diri pasangan asuhannya itu.

"Perkembangan pemulihan cedera Apri sudah sangat baik. Rasa sakitnya sudah 90-95 persen hilang. Hanya memang untuk meyakinkan sudah pulih benar, saya memutuskan menarik mundur Apri/Fadia dari Denmark Open. Selain untuk meyakinkan kembali Apri bahwa dia sudah siap bertanding," kata Eng Hian melalui informasi resmi PP PBSI di Jakarta, Senin.

Apriyani/Fadia absen dari turnamen dengan level BWF Super 750 itu disebabkan Apri masih menjalani proses pemulihan pasca cedera betis kanan yang ia alami saat Asian Games Hangzhou.

Pelatih yang akrab di sapa Koh Didi itu belum dapat memastikan apakah juara Hong Kong Open 2023 tersebut bakal bertanding di French Open pekan depan atau tidak.

"Untuk French Open masih fifty-fifty (50:50). Nanti kami lihat kondisinya sepanjang minggu ini," kata Eng Hian.

Meski gagal tampil di Denmark Open, namun lain halnya dengan Fadia yang tetap datang ke Odense. Kehadiran Fadia di Odense adalah untuk memenuhi kewajiban BWF sebagai Top Committed Players, sebut Eng Hian.

Di sisi lain, Indonesia juga kehilangan Chico yang ditarik mundur setelah mengalami diare selama bertanding di Arctic Open 2023 minggu lalu.

"Chico mengalami diare sepanjang bertanding di Finlandia (Arctic Open 2023) pekan lalu. Di babak pertama dan kedua dia bertanding dengan tidak optimal karena keadaannya lemas," ungkap Pelatih tunggal putra Irwansyah.

Akibat kondisi yang tidak menguntungkan tersebut, akhirnya timnas memulangkan Chico untuk memastikan tubuhnya benar-benar pulih dan sehat kembali.

"Maka kami putuskan untuk mundur dari Denmark Open dan kembali ke Jakarta. Biar fit dulu lalu bersiap lagi untuk turnamen selanjutnya," ujar Irwansyah.

Tim bulu tangkis Indonesia baru saja menyelesaikan sesi latihan pagi di lapangan latihan Jyske Arena, Odense, Denmark. Siang nanti waktu setempat, Anthony Sinisuka Ginting cs bakal menjajal lapangan pertandingan sekaligus menjadi persiapan terakhir jelang pertandingan pertama.

Baca juga: Timnas bulu tangkis langsung gelar latihan setiba di Denmark
Baca juga: Kilau emas Garuda Muda di kejuaraan dunia junior BWF
Baca juga: Mulyo Handoyo sebut Alwi Farhan aset masa depan bulu tangkis Indonesia


Berikut daftar pemain-pemain Indonesia di Denmark Open 2023:
Tunggal Putra
1. Anthony Sinisuka Ginting
2. Jonatan Christie

Tunggal Putri
1. Gregoria Mariska Tunjung
2. Putri Kusuma Wardani

Ganda Putra
1. Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
2. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan
3. Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin
4. Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri
5. Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Ganda Putri
1. Febriana Dwipuji Kusuma/Amallia Cahaya Pratiwi

Ganda Campuran
1. Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
2. Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati
3. Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja
4. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023