Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen berencana segera memindahkan 36 imigran Rohingya yang terdampar di Gampong Matang Pasi Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen ke wilayah Kota Langsa, Aceh.

"Kita akan pindahkan (Imigran Rohingya) ke Kota Langsa, saya juga sudah komunikasikan dengan Wali Kota Langsa," kata Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, di Bireuen, Senin.

Rencana pemindahan tersebut dilakukan karena Bireuen tidak memiliki tempat yang representatif untuk menampung para imigran Rohingya.

Di Langsa, kata Aulia, memang mempunyai tempat khusus untuk menampung para pengungsi, dan lokasinya juga cukup layak untuk ditempati.

Baca juga: 36 imigran Rohingya terdampar di wilayah Bireuen Aceh

Baca juga: Sosiolog USK harapkan ASEAN 2023 lahirkan kesepakatan tentang Rohingya


"Karena di sana (Kota Langsa) ada tempat khusus, dan layak untuk imigran Rohingya," ujarnya.

Sebelumnya, sebanyak 36 imigran etnis Rohingya terdampar di Gampong Matang Pasi Kecamatan Peudada Kabupaten Bireuen, Aceh, mereka diterima masyarakat setempat, Senin (16/10) sekitar pukul 06.00 WIB.

Adapun 36 imigran Rohingya yang terdampar ke Bireuen tersebut terdiri dari 14 laki-laki, 12 perempuan dan juga terdapat 10 orang anak-anak.

Saat ini, Pemerintah Bireuen bersama stakeholder terkait masih menempatkan sementara para imigran tersebut di Gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Gampong Cot Gapu, Kecamatan Kota Juang kabupaten setempat, sampai nanti dipindahkan.

Pemerintah setempat juga telah memberikan bantuan kebutuhan dasar untuk para imigran Rohingya ini berupa pakaian, air mineral dan makanan hingga pemeriksaan kesehatan.

Dalam kesempatan ini, Protection Associate United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR), Faisal Rahman mengatakan, pihaknya segera mengambil langkah sesuai dengan arahan dari pemerintah terhadap penanganan para imigran Rohingya itu.

“Kita akan koordinasi dulu, hasil arahan Pj Bupati perlu ada kesiapan lagi agar kita bisa mengambil langkah yang terbaik seperti apa,” demikian Faisal Rahman.*

Baca juga: UNHCR sebut pengungsi Rohingya di Aceh tersisa 154 orang

Baca juga: Polres Aceh Timur tangkap dua terduga penyelundup imigran Rohingya

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023