Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat meminta RSUD Cengkareng untuk menyediakan lokasi bagi pedagang kaki lima (PKL) yang kini berdagang di sisi timur rumah sakit tersebut.

Hal tersebut menyusul rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan di sekitar rumah sakit serta rencana rumah sakit yang akan memindahkan gerbang utama ke sisi timur rumah sakit itu.

"Terkait PKL, kemarin juga diminta oleh Asisten Ekonomi Pembangunan (Asekbang) Jakarta Barat kepada pihak RSUD Cengkareng untuk memfasilitasi (para PKL)," kata Kepala Seksi Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Barat Indarto sat dihubungi di Jakarta pada Senin.

Tentunya tidak semuanya dapat difasilitasi. "Tidak semuanya, tapi sebagian," katanya.

Baca juga: Sudinhub Jakbar rekayasa lalin RSUD Cengkareng mulai 23 Oktober Menurut dia, pihak RSUD Cengkareng sedang dalam proses pengajuan ke pimpinan rumah sakit untuk kemudian melakukan pembebasan atau persiapan lahan.

"Saya enggak tahu kemarin itu, karena mereka harus melaporkan ke pimpinan rumah sakit terkait PKL itu," ungkap Indarto.

Hal tersebut agar rekayasa lalu lintas dapat berjalan lancar serta rencana pemindahan gerbang utama rumah sakit ke timur tidak terhambat padatnya aktivitas PKL di sisi timur rumah sakit.

"Intinya kalau lokasi sementara (loksem) PKL, pastinya kan arealnya itu dapat menampung banyak PKL. Dan tempatnya itu memang sudah disiapkan oleh Pemprov DKI," katanya.

Adapun PKL yang disediakan lokasi berdagang oleh pihak RSUD tidak semuanya namun hanya sebagian. "Paling tidak, kalau tidak semuanya, (sebagian) dapat ditampung di fasilitas yang sudah disediakan oleh pihak rumah sakit," katanya.

Baca juga: PPKUKM Jakbar koordinasikan pemindahan PKL RSUD Cengkareng 

Sudinhub Jakarta Barat (Jakbar) melakukan uji rekayasa lalu lintas (lalin) sekitar RSUD Cengkareng pada 23 Oktober 2023 dalam rangka memperlancar akses kebutuhan medis warga khususnya dalam situasi darurat.

Secara teknis, uji rekayasa tersebut dilakukan menyusul RSUD Cengkareng yang akan merubah gerbang utama ke sisi timur dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan kepada warga berupa akses cepat terhadap pelayanan kesehatan.

Indarto kemudian merinci titik-titik rekayasa lalu lintas yang akan dilakukan. Sisi utara Persimpangan Jalan 4 Jembatan akan dipasang pembatas (barrier) dan sisi utara Jalan Bumi Cengkareng Indah dari arah Pasar JB ke Pasadena akan diberlakukan satu arah ke timur.

Kemudian, sisi utara Jalan Galunggung dari arah Pedongkelan ke arah RSUD akan diberlakukan satu arah ke barat.

"Lalu sisi timur menyusul rencana gerbang utama RSUD Cengkareng, Jalan Pangrango diberlakukan satu arah dari arah selatan," ungkapnya.
Baca juga: Pemkot Jakbar segera merekayasa lalu lintas sekitar RSUD Cengkareng 

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023