Jakarta (ANTARA) - Perusahaan produsen susu MilkLife secara resmi meluncurkan produk varian susu bebas laktosa yaitu MilkLife Lactose Free rasa Choco Hazelnut dalam kemasan 1.000 mililiter, untuk menjawab permasalahan konsumen yang mengalami intoleransi laktosa.
 
Kepala Komersial  PT Global Dairi Alami, produsen MilkLife, Soegiono, dalam keterangan pers, Senin (16/10), mengatakan MilkLife Lactose Free Choco Hazelnut merupakan jawaban untuk para penikmat susu bernutrisi bebas laktosa dan aman dikonsumsi oleh orang yang alergi laktosa.
 
“Kami pastikan bahwa seluruh varian MilkLife Lactose Free aman untuk lactose intolerant (intoleransi laktosa), rendah kolesterol, dan mengandung protein," ucap Soegiono.
 
Soegiono menjelaskan varian free lactose (bebas laktosa) diformulasikan melalui proses enzimatis sehingga aman dikonsumsi bagi mereka yang alergi laktosa serta memberikan rasa nyaman di perut.

Baca juga: MilkLife luncurkan kampanye "Berani Minum Susu" bebas laktosa
 
Minum susu secara rutin dapat bermanfaat positif bagi kesehatan, mulai dari imunitas tubuh, sumber energi, regenerasi sel, hingga memenuhi gizi harian.
 
dr. Farhan Zubedi, yang juga seorang kreator konten, menjelaskan intoleransi laktosa adalah kondisi ketika tubuh seseorang kesulitan mencerna laktosa. Hal itu terjadi karena tubuh  kekurangan enzim laktase yang seharusnya mengubah laktosa menjadi glukosa dan juga galaktosa.
 
“Kalau laktase ini tidak ada, berarti laktosa tidak bisa dicerna, maka akan sampai ke usus besar. Di sini lah terjadinya fermentasi oleh bakteri di dalam usus besar tersebut sehingga bisa menimbulkan gejala-gejala seperti diare, perut kembung, kram perut, ataupun bergas,” kata Farhan.
 
Kiat untuk mengatasi intoleransi laktosa ialah dengan mengonsumsi susu yang tidak mengandung laktosa. Farhan menambahkan mengonsumsi susu secara rutin sangat penting untuk kesehatan tubuh, terlebih jika didukung dengan pola makan dan pola hidup sehat.
 
“Mengonsumsi susu itu penting karena susu kaya akan vitamin, mineral, protein, hingga kalsium dan beberapa manfaat lain yang berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh terutama bagi tulang dan gigi," kata Farhan.
 
Pola minum susu dapat disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing individu, selama konsumsi susu tersebut dibarengi dengan gizi seimbang lain yang  didapatkan dari makanan.

Baca juga: Nagita Slavina ceritakan pengalaman lihat langsung produksi susu

Baca juga: Mengenal perbedaan antara intoleransi laktosa dan alergi susu sapi

Baca juga: Alternatif konsumsi susu bagi penderita intoleransi laktosa
 

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023