Balap Mobil Otonom Perdana Akan Diadakan Pada Bulan April 2024 di Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi Dengan Total Hadiah AS$ 2,25 Juta

Diikuti oleh 10 Tim Elit dari Berbagai Lembaga Bergengsi seperti: University of California, Berkeley; Technical University of Munich; Nanyang Technological University, Singapura

Pengunjung GITEX Dapat Melihat Model Mobil Otonom Dallara SF23 Untuk Pertama Kalinya

Dubai, Uni Emirat Arab --(ANTARA/Business Wire)-- ASPIRE adalah kekuatan pendorong di balik berbagai tantangan besar dan kompetisi global untuk Advanced Technology Research Council (ATRC) Abu Dhabi. Hari ini ASPIRE mengumumkan rincian informasi Liga Balap Otonomi Abu Dhabi yang sangat dinantikan, yakni A2RL, di hari pertama GITEX Global. GITEX Global adalah ajang teknologi terkemuka di dunia. A2RL meluncurkan model mobil otonom pertama Dallara Super Formula, SF23, yang dirilis awal tahun ini. Keajaiban mutakhir yang mampu merasakan lingkungannya dan dijalankan tanpa melibatkan manusia ini siap mengubah dunia balap melalui balapan perdana yang menakjubkan pada tanggal 28 April 2024 di Sirkuit Yas Marina Abu Dhabi yang ikonik.

A2RL adalah liga balap pertama di UEA yang mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI), otonomi, dan olahraga ekstrim untuk mendobrak batas mobilitas masa depan. Acara ini disorot sebagai liga balap otonom terbesar di dunia yang menampilkan balap mobil otonom, balap drone, dan balap dune buggy.

Kata H.E. Faisal Al Bannai, Sekretaris Jenderal ATRC, yaitu badan induk ASPIRE: “Di persimpangan ilmu pengetahuan, olahraga, dan teknologi, otonomi dirancang untuk merevolusi masa depan transportasi. Liga Balap Otonomi Abu Dhabi, A2RL, membuktikan bahwa reputasi Abu Dhabi kian populer sebagai pusat riset dan pengembangan (R&D) internasional dan tempat uji coba penting untuk menguji coba solusi otonom yang konsepnya terbukti dapat diwujudkan. Dengan mempertemukan ilmuwan, pengembang, dan pakar coding dari seluruh dunia di arena olahraga ekstrim, kami menguji kemampuan ketahanan di lintasan balap, demi keselamatan di jalan raya.”

Hari balap perdana (balap mobil) ini akan memberikan gambaran sekilas tentang masa depan AI - perpaduan yang menggairahkan antara pengalaman virtual dan pengalaman kehidupan nyata, serta pengenalan era baru hiburan olahraga ekstrem.

Sepuluh tim elit dari universitas dan lembaga penelitian internasional telah memastikan akan mengikuti balap mobil otonom ini untuk memperebutkan hadiah sebesar AS$2,25 juta. Tim yang akan bertanding berasal dari: Beijing Institute of Technology and Khalifa University (Tiongkok dan UEA); Code19 Racing and Indiana University (A.S.); Constructor Group (Swiss & Singapura); Hungarian Mobility Development Agency (Hungaria); Kinetiz & Nanyang Technological University (Singapura); Politecnico di Milano (Italia); Technical University of Munich (Jerman); Technology Innovation Institute (UEA); University of California, Berkeley and University of Hawaii (A.S.); University of Modena and Reggio Emilia (Italia).

Setiap tim peserta akan mendapatkan akses eksklusif ke mobil Dallara Super Formula SF23 baru yang telah diotonomisasi khusus untuk A2RL. Mobil yang terbuat dari bahan bio-komposit berkelanjutan dengan bobot 690 kg ini sekarang menjadi mobil balap roda terbuka yang tercepat di dunia setelah Formula One, dengan kecepatan maksimum 300 km/jam. Dallara Super Formula SF23 memiliki kemampuan pengereman canggih, tumpukan otonom yang dibuat khusus, dan kontrol throttle drive-by-wire. 10 tim akan diberi kesempatan menyesuaikan algoritma perangkat lunak mereka pada kendaraan mutakhir ini untuk memenangkan kompetisi. Pengunjung GITEX Global dapat sekilas melihat model otonom ini di stan Advanced Technology Research Council (ATRC) - B10, Hall 17, di Dubai World Trade Center dalam acara yang berlangsung selama lima hari tersebut.

Dr. Tom McCarthy, Direktur Eksekutif ASPIRE, mengungkapkan kegembiraannya atas inisiatif ini: “Kami senang sekali bisa mengadakan acara balap otonom di Abu Dhabi dan memamerkannya kepada dunia melalui A2RL. Inisiatif ini mengubah konsep masa depan mobilitas sekaligus menginspirasi generasi baru untuk menciptakan gagasan baru dan berinovasi demi masa depan yang lebih cerah dalam perlombaan berskala internasional yang menggairahkan. Dengan memperlengkapi tim-tim peserta dengan mobil Dallara SF23 yang baru diotonomisasi, lengkap dengan perangkat otonomi, kami memastikan arena balap yang setara. Fokusnya sekarang bukan pada keahlian pengemudi, melainkan pada teknologi, pemrograman, dan algoritme pembelajaran mesin yang memungkinkan kendaraan ini menavigasi lintasan balap yang rumit dengan kecepatan sangat tinggi."

A2RL adalah acara sirkuit balap global tahunan yang menawarkan peluang berharga bagi kemitraan dan kerja sama antar industri dan akademisi. Acara ini menyoroti berbagai tema prioritas nasional seperti memelopori masa depan transportasi, menginspirasi bakat STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) generasi baru, mempercepat ekonomi pengetahuan Abu Dhabi, dan memastikan dampak nyata di luar arena balap. Untuk informasi lebih lanjut, harap kunjungi A2RL.io.

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/53604224/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

*Sumber: AETOSWire

Kontak
Jennifer Dewan, Direktur Senior Bidang Komunikasi

Sumber: ASPIRE

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023