Jakarta (ANTARA) - Haas menghadirkan livery (corak) khusus yang akan menghiasi mobil Nico Hulkenberg dan Kevin Magnussen di kandang tim pada Grand Prix Amerika Serikat di Sirkuit Austin akhir pekan ini.

Austin adalah salah satu dari tiga seri balap F1 di Amerika Serikat dalam kalender F1 saat ini, bersama Miami dan yang terbaru Las Vegas, dan di sirkuit ini tim asal AS tersebut mengambil kesempatan untuk merayakannya.

Setelah menunjukkan pakaian balap mereka pada minggu lalu, HAAS F1 kini memperlihatkan sedikit bocoran tentang livery khusus mereka. Mobil VF-23 menampilkan desain "Stars & Stripes" termasuk tagline tim untuk akhir pekan yakni "We The People", yang merupakan kalimat pembuka Konstitusi Amerika Serikat, demikian laporan yang dimuat dalam laman resmi Formula 1, Selasa.

Perusahaan MoneyGram juga akan merayakan satu tahun mereka sebagai mitra utama Haas dengan sentuhan tambahan pada corak mobil, yang akan diumumkan pada malam acara, Kamis ini.

Selain itu, akan ada satu bintang lagi pada liverynya, dengan lambang kuning cerah dari Starlight Children’s Foundation menghiasi sayap belakang mobil Hulkenberg dan Magnussen.

Tak hanya mengubah corak mobil, Haas juga akan memperkenalkan perubahan lainnya di Sirkuit Amerika. Kepala tim Guenther Steiner akan menjelaskan area fokus dan proses di balik perubahan tersebut.

“Peningkatan pada VF-23 bersifat aerodinamis. Kami mengubah konsep awal mobil kami, karena peraturan baru tahun lalu, kami tidak dapat memperoleh peningkatan lagi dalam hal performa,” kata Steiner.

Selain itu, Steiner juga mengatakan mereka akan menggunakan konsep downwash mengingat meningkatkan downforce atau mengurangi hambatan udara sudah tidak mungkin dilakukan pada VF-23.

Haas memasuki akhir pekan Grand Prix Amerika Serikat dengan duduk di urutan kesembilan dari 10 tim di klasemen konstruktor, setelah tertinggal di belakang Alfa Romeo di GP Qatar.


Baca juga: Haas pastikan bawa peningkatan teknis di GP Amerika Serikat
Baca juga: Magnussen dan Hulkenberg perpanjang kontrak dengan Haas
Baca juga: Haas targetkan konsistensi raihan poin pada F1 musim 2023


Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023