Jakarta (ANTARA) - Manajer Tim Balap Haas Guenther Steiner memastikan tim asuhannya bakal membawa sejumlah peningkatan dari sisi teknis pada Grand Prix Amerika Serikat, yang bergulir dua minggu setelah GP Qatar, akhir pekan ini.

“Kami tidak tahu seberapa bagus peningkatan tersebut, dan kami tentu mengharapkan sesuatu yang positif dari hal itu. Tapi, hal yang terbaik adalah kami berupaya untuk melakukannya. Kami mengetahui arah yang ingin kami tuju untuk tahun depan, dan kami akan belajar banyak tahun ini untuk musim depan,” ungkap Steiner, dikutip dari laman resmi Formula 1, Jumat.

Adapun Haas mengawali musim dengan baik dengan mencetak poin dalam tiga dari lima balapan pertama – dengan Kevin Magnussen mencetak dua kali finis di posisi 10 di GP Arab Saudi dan GP Miami, sementara Nico Hulkenberg finis ketujuh di GP Australia.

Namun sejak saat itu, mereka mengalami penurunan hasil dengan Magnussen yang baru-baru ini finis di peringkat 10 di GP Singapura, yang menandai satu-satunya perolehan poin tim dalam 11 balapan terakhir.

Hal ini pun membuat mereka berada di posisi kedelapan dalam klasemen konstruktor dengan hanya mengumpulkan 12 poin.

Lebih lanjut, menjelang aksi GP Qatar akhir pekan ini, Steiner berbicara tentang bagaimana dia mengelola emosi dirinya dan tim di setiap balapan.

“Ini sangat sederhana, lihat saja ke depan dan ketahui apa yang kami lakukan sebagai sebuah tim,” ungkap Steiner.

“Kami bekerja keras untuk keluar dari ‘lubang’ (masalah) ini dan itulah yang memotivasi saya setiap harinya, dalam seminggu. Saya tidak akan berada di sini jika saya tidak tahu bahwa kami sedang bekerja keras dan menjadi lebih baik ke tempat yang kami inginkan dan tempat yang seharusnya,” ujarnya menambahkan.

Berkaca pada penampilan mereka dalam mencetak poin di GP Singapura bulan lalu, Steiner mengakui bahwa hal tersebut tergantung pada mentalitas semua orang di Haas. Ia kemudian memberikan apresiasi untuk setiap departemen di timnya, dan memberikan harapan bahwa mereka dapat berkembang ke depan.

“Kami tahu (kemampuan) mobil kami dan kami sedang kesulitan saat ini dalam balapan, semua orang sangat menyadari hal ini. Seluruh tim berusaha melakukan yang terbaik, mulai dari pembalap, hingga mekanik dan teknisi, mengerahkan segala yang kami punya,” kata Steiner.

“Angkat topi untuk tim karena mereka tetap semangat dan terus berusaha karena mereka tahu hari-hari yang lebih baik akan segera tiba,” ujarnya menambahkan.


Baca juga: Magnussen dan Hulkenberg perpanjang kontrak dengan Haas
Baca juga: Nikita Mazepin boleh membalap lagi di Eropa
Baca juga: Haas targetkan konsistensi raihan poin pada F1 musim 2023


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023