Ini telah dilaksanakan pada 4 Oktober 2023 dan diikuti oleh sekitar 3.000 mahasiswa di Desa Cibeber, Kabupaten Purwakarta.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno meluncurkan program KKN/KKL (Kuliah Kerja Nyata/Kuliah Kerja Lapangan) #DiIndonesiaAja.

Program KKN/KKL ini diluncurkan untuk mengakselerasi pencapaian target 1,2 miliar-1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara pada 2023.

"Ini telah dilaksanakan pada 4 Oktober 2023 dan diikuti oleh sekitar 3.000 mahasiswa di Desa Cibeber, Kabupaten Purwakarta," kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Menekan angka stunting melalui KKN Tematik

Program ini, kata dia, merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dengan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan Program Studi Sarjana Terapan Usaha Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf Dwi Marhen Yono menambahkan hingga Desember 2023, pihaknya menargetkan bisa mengajak 100 perguruan tinggi untuk berkolaborasi dalam program ini. "Semoga kegiatan ini bisa menambah pergerakan wisatawan Nusantara," kata Marhen.

Baca juga: Sandiaga buka opsi penurunan harga tiket kerja target pariwisata

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta Usep Suhud mengungkapkan program ini memiliki peran penting dalam hal peningkatan angka pergerakan wisatawan Nusantara. Ia berharap kolaborasi ini bisa terus berlanjut di masa-masa yang akan datang.

"Ini ide yang sangat mulia, saya percaya kementerian tidak bisa bekerja sendiri, harus berkolaborasi dengan berbagai macam elemen," pungkasnya.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023