Pontianak (ANTARA) - Pj Gubernur Kalimantan Barat, Harisson, mengarahkan pemerintah daerah lain yang ada di Kalimantan Barat untuk bisa meningkatkan toleransi masyarakat di daerah dengan mencontoh Pemerintah Kota Singkawang.

"Singkawang memang betul-betul hebat, dari acara tadi Singkawang benar-benar menunjukkan kemeriahan toleransinya. Saya minta daerah lain juga bisa meningkatkan toleransi masyarakatnya dengan mencontoh Kota Singkawang," kata dia, saat membuka Festival HAM Nasional 2023 di Singkawang, Selasa.

Dalam kegiatan tersebut, masyarakat Singkawang mengenakan baju adat daerahnya masing-masing bergabung dalam suatu kebahagiaan, menari bersama, yang mana hal tersebut merupakan suatu modal bagi Kota Singkawang dimana toleransinya betul-betul dikedepankan.

Baca juga: Wali Kota: Dua orang meninggal akibat DBD di Singkawang

Dalam kesempatan itu, dia mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Singkawang yang telah berpartisipasi dalam membangun dan memajukan Kota Singkawang dengan kerja keras, kerja tuntas untuk Singkawang Kota Toleran yang inklusif dan dinamis.

"Saya juga mengapresiasi atas terselenggaranya Festival HAM tahun 2023 di Kota Singkawang, diharapkan lewat kegiatan ini dapat menghasilkan manfaat besar terutama dalam memberikan apresiasi terhadap pencapaian dan pemenuhan HAM baik dalam aspek hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya sebagai amanah konstitusi," tuturnya.

Di tempat yang sama, Ketua Komnas HAM, Atnike Nova Sigiro, mengatakan, dalam pemajuan HAM, Komnas HAM tentunya akan terus mendorong pemajuan kapasitas dari aparatur pemerintah daerah, misalnya untuk menginternalisasi prinsip-prinsip HAM yang sudah diatur di dalam Perda maupun di dalam kebijakan.

Baca juga: Pemkot Singkawang-PLN dorong pertumbuhan ekosistem kendaraan listrik

Sedangkan untuk perlindungan HAM, katanya, diketahui jika setiap daerah selalu ada masalah-masalah yang terkait dengan HAM. Sehingga diharapkan bisa menjadi landasan kombinasi antara Komnas HAM bersama pemerintah daerah untuk menindaklanjuti jika ada hal-hal yang menjadi atensi bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Ia mengajak semua pihak dari berbagai lapisan masyarakat harus menerima pemenuhan HAM.

Menurut dia, Singkawang sebagai Tuan Rumah Festival HAM tahun 2023 akan menjadi contoh untuk kabupaten/kota di seluruh Provinsi di Indonesia.

Baca juga: Persiapan Festival HAM Nasional di Singkawang capai 70 persen

"Saya harap lewat Festival HAM dengan mengangkat tema Bersatu Menjaga Martabat Manusia Indonesia yang Adil, Toleran, dan Inklusif Kota Singkawang bisa menjadi contoh yang baik bagi daerah lain, dan akan terus lebih maju kedepannya," harapnya.

Sementara Pj Wali Kota Singkawang, Sumastro, mengatakan, melalui kegiatan ini bisa memberikan apresiasi dan capaian serta penghormatan atas pemenuhan HAM.

"Agenda Festival HAM ini sebelumnya telah disusun bersama. Kita harapkan lewat kegiatan ini dapat menghasilkan rekomendasi terkait produk Hukum HAM kedepannya," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023