Jumlah ini mengalahkan penonton tahun 2022 lalu.
Mataram (ANTARA) - Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) menilai perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah yang digelar 13-15 Oktober 2023 jauh lebih sukses dari perhelatannya yang pertama pada 2022.

Kepala Dispar NTB Jamaluddin Malady mengatakan kesuksesan tersebut terlihat dari berbagai tolak ukur seperti balapannya, kegiatan, alur transportasi, kesiapan akomodasi hotel penuh hingga keberkahan yang diraih pelaku UMKM setempat.

"Meski demikian Pemprov NTB tidak lantas akan berbangga. Kegiatan tahun-tahun mendatang perlu lebih disiapkan secara matang," ujarnya, di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan perhelatan kelas dunia itu mendatangkan penonton sebanyak 102.929 orang. Data yang didapatkan Dispar NTB sebanyak 45 persen merupakan penonton dari luar NTB.

"Jumlah ini mengalahkan penonton tahun 2022 lalu," ujarnya pula.

Meski demikian, kata Jamaluddin, beberapa catatan perbaikan yang sudah dikantonginya. Misalnya menguraikan penonton saat keluar sirkuit. Di lapangan sempat crowded (bertumpuk) menunggu shuttle bus menuju parkir terutama di Gate 2.

Untuk itu, ke depan pihaknya butuh kerja sama dengan pengusaha jasa transportasi online dan ojek. Mereka bisa membantu mengangkut penumpang. Ini tidak hanya menjadi solusi cepat menuju parkir, tapi juga langkah cepat untuk mengantarkan penumpang langsung ke bandara.

"Penonton bisa naik ojek Grab. Tentu ini berbayar, tapi tarif harus menyesuaikan dengan pergub yang ada terutama menuju bandara," kata Jamaluddin.

Catatan lain, keberadaan UMKM yang dikeluhkan masyarakat cukup jauh. Menurut dia, juga ke depannya stan UMKM itu harus berada di belakang grand stand atau tribun yang ada. Solusi ini memudahkan penonton bisa menikmati makanan di dalam.

"Kan mereka tidak boleh bawa makanan. Nah kalau keluar cari makan jauh. Kita ingin penonton menyaksikan MotoGP sekaligus bisa menikmati kuliner yang ada di belakang grand stand," ujarnya lagi.

Jamaluddin mengaku keluhan masyarakat yang ditarik tarif parkir roda empat Rp50 ribu maupun roda dua Rp20 ribu itu dilihatnya wajar. Sebab sebanding dengan fasilitas tempat parkir yang ada.

"Bisa menampung puluhan ribu kendaraan. Tidak becek. Tentu membangun tempat parkir itu butuh dana besar," ujarnya lagi.

Tidak hanya itu, ia mengaku penarikan retribusi itu tentu ada bagi hasil juga untuk daerah ketempatan.

"Saya tidak tahu pasti. Tapi pasti ada untuk bagian Pemda Lombok Tengah," katanya pula.

Sementara itu ketersediaan hotel di kawasan Mandalika masih terbilang kurang dibandingkan jumlah penonton. Oleh karenanya lahan-lahan kosong ribuan hektare itu bisa dibangunkan hotel lagi.

"Saya kemarin ketemu sama anaknya Presiden Malaysia Mahathir Mohamad. Insya Allah akan membangun hotel di sana," ujarnya lagi.

Berdasarkan data yang didapatkannya okupansi hotel berbintang mencapai 100 persen. Sementara homestay, living ground dan lainnya okupansinya 80 persen.

"Jumlah hotel kita dibanding pengunjung masih jauh panggang daripada api. Makanya butuh bangunan hotel lagi," kata Jamaluddin.

Kabar baiknya juga di Mandalika akan dibangun lapangan pacuan kuda kelas internasional dan lapangan tenis kelas dunia. Nantinya penonton bisa menyaksikan lomba-lomba kelas dunia setelah menonton MotoGP.

"Pagi sampai siangnya nonton GP. Malamnya nonton tenis kelas dunia. Kita akan undang pemain-pemain kelas dunia. Makanya butuh investasi akomodasi lagi," ujar Komandan Lapangan MotoGP Mandalika ini lagi.

Selain itu, MotoGP Mandalika menghasilkan perputaran ekonomi mencapai Rp4,5 triliun secara nasional. Pengakuan ini, katanya, disampaikan langsung Menparekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno.

"Perputaran ekonomi di daerah juga saya kira bisa sampai triliunan juga," katanya pula.

Kendati demikian, mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB Jamaluddin meminta maaf jika masih ada yang belum sempurna. Kekurangan itu akan menjadi evaluasi untuk kegiatan selanjutnya. Pihaknya menyampaikan ucapan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama kepada masyarakat NTB sekiranya dilihat masih banyak kekurangan.

"Kami mengucapkan terima kasih kepala Kapolda NTB, Danrem, Danlanal, Danlanud, ITDC, MGPA, Dyandra, Pemkab Lombok Tengah. Masyarakat penonton sudah tertib untuk datang nonton menyukseskan MotoGP. ASN pelajar dan semua yang nonton di festival cukup ramai juga. Mungkin ada yang belum maksimal kami mohon maaf. Kami juga akan rapat evaluasi bersama ITDC, MGPA dan pihak lain-lain," katanya lagi.
Baca juga: Menparekraf sebut MotoGP Mandalika 2023 gerakkan perekonomian NTB
Baca juga: Pembalap dan kru MotoGP Mandalika telah pulang

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023