Mukomuko (ANTARA) -
Kepolisian Resor (Polres) Mukomuko di Provinsi Bengkulu, menggelar simulasi sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka kesiapan pengamanan Pemilu 2024 di lapangan MTQ pemerintah daerah setempat, Selasa.
 
Kepala Kepolisian Resor Mukomuko, AKBP Nuswanto, di Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Selasa, mengatakan, mereka menerapkan sistem simulasi Sispamkota sesuai dengan kondisi di lapangan untuk menciptakan suasana kesiapsiagaan Pemilu 2024 dengan kolaborasi TNI, Polri, Pemda, KPU dan Bawaslu Mukomuko.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

"Simulasi ini sebagai bukti komitmen negara dalam menjamin keamanan Pemilu 2024, khususnya di Kabupaten Mukomuko," ujarnya.

Ia mengatakan, apa yang disimulasikan hari ini adalah bentuk situasi riil yang ada di lapangan. Simulasi ini merupakan upaya antisipasi dalam mencegah kemungkinan apabila terjadi masalah yang saat Pemilu nanti.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada personil yang terlibat dalam kegiatan simulasi Sispamkota dan menjelaskan simulasi Sispamkota dilakukan dengan tujuan mempersiapkan personel dalam menghadapi berbagai kemungkinan yang dapat terjadi saat pengamanan Pemilihan Umum 2024.

Baca juga: Wali kota ingatkan masyarakat jangan mudah terprovokasi jelang Pemilu

“Simulasi ini menjadi gambaran apa saja kemungkinan yang terjadi selama pelaksanaan Pemilu 2024, sampai dengan situasi yang terburuk pun kami persiapkan dan antisipasi," ucapnya.

Sejauh ini, katanya, Kabupaten Mukomuko masih dalam kondisi aman dan kondusif, tapi harus tetap mempersiapkan diri baik sarana maupun prasarana.

Baca juga: Wali kota Pontianak minta ASN jaga netralitas di Pemilu 2024

Karena dari kacamata kamtibmas, katanya, peningkatan tensi terhadap kegiatan politik ini dapat menciptakan potensi kerawanan, sehingga dapat mengganggu kedamaian dan persatuan. Kemudian hingga memicu marak penyebaran hoak serta ujaran kebencian yang berpotensi menimbulkan konflik sosial ditengah masyarakat.

"Pemilu tahun 2024 unik, karena untuk pertama kalinya, pemilu dan pemilihan kepala daerah dilaksanakan secara serentak pada tahun yang sama," ujarnya.

Sementara itu, kegiatan ini dihadiri sejumlah pejabat, Wakil Bupati Mukomuko, Wasri, asisten bupati, Sekda Mukomuko, Andiyanto, Kodim 0428/Mukomuko, ketua KPU, ketua Bawaslu Mukomuko, direktur Pam obvit Polda Bengkulu, Kajari dan pejabat penting lainnya.
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023