Mukomuko (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Mukomuko, Polda Bengkulu, menggelar simulasi pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 melalui permainan taktis.

"Permainan taktis ini dilaksanakan untuk menyusun strategi yang akan diterapkan pada pelaksanaan pengamanan Operasi Lilin Nala 2023 yang juga sebagai bentuk kesiapan Polres Mukomuko dan Forkopimda jelang Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto di Mukomuko, Selasa.
 
Kepala Kepolisian Resor Mukomuko AKBP Nuswanto memimpin kegiatan permainan taktis atau TFG untuk pengamanan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru baru 2024 di Aula Mapolres Mukomuko.
 
Kapolres mengatakan, pada saat pengamanan arus lalu lintas Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 baik di pos pengamanan dan pos pelayanan jika menghadapi situasi terjadi kepadatan dan lonjakan arus lalu lintas, harus sudah dapat memahami tugas dan tanggung jawab di pos pam tersebut.
 
Pihaknya akan terus memonitor situasi dan kondisi kepadatan arus lalu lintas, serta melakukan langkah-langkah manajemen prioritas, rekayasa lalu lintas, dan sebagainya.
 
“Kita ingin saudara-saudara kita merasa nyaman saat melaksanakan ibadah Natal, demikian juga saudara-saudara kita yang akan Tahun Baru baru," ujarnya pula.
 
Dalam melakukan pengamanan, katanya, pihaknya mengedepankan sinergitas dan kolaborasi sehingga kegiatan perayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dapat berjalan aman dan lancar di daerah ini.
 
Selain menggelar permainan taktis, ia mengatakan, pihaknya juga membentuk tim khusus mengurai kemacetan arus lalu lintas kendaraan selama perayaan Natal 2023 dan tahun baru 2024 di daerah ini.
 
Tim yang bertugas mengurai kemacetan arus lalu lintas ini beranggotakan personel dari Satuan Lantas Polres Mukomuko.
 
"Dan hari ini saya bersama Dandim 0428/Mukomuko melepas tim urai macet yang beranggotakan personel Sat Lantas Mukomuko. Tim ini dibentuk untuk mengatasi berbagai bentuk kemacetan di wilayah Kabupaten Mukomuko," ucapnya.
 
Sementara itu, ia menyebutkan, titik-titik yang dapat menimbulkan kemacetan sudah petakan di lapangan seperti pasar-pasar yang berdekatan dengan jalan utama di wilayah Kabupaten Mukomuko.
 
"Di kawasan pasar banyak parkir-parkir di sekitaran jalan sehingga mengganggu arus lalu lintas dan apabila ada kegiatan masyarakat yang dapat mengganggu kelancaran arus lalin juga akan kita urai," kata Nuswanto.
 

Pewarta: Ferri Aryanto
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023