Manado (ANTARA) - Polda Sulawesi Utara melaksanakan apel gelar pasukan “Operasi Mantap Brata 2023-2024” dalam rangka pengamanan Pemilu 2024, di Manado, Selasa.

Apel gelar pasukan digelar di halaman Markas Polda Sulawesi Utara di Manado itu, dipimpin Kepala Polda Sulawesi Utara, Inspektur Jenderal Polisi Setyo Budiyanto, dan diikuti personel Polri, TNI serta seluruh pemangku kepentingan terkait.

Kepala Kepolisian Indonesia, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, dalam sambutan dibacakan Budiyanto antara lain menyampaikan sejumlah penekanan untuk dipedomani serta dilaksanakan personel.

Baca juga: Bupati Pinrang hadiri rakor Operasi Mantap Brata Pengamanan Pemilu

Ia mengatakan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan semoga tugas pengamanan ini menjadi ladang amal ibadah bagi kita semua. Pastikan kesiapan perlengkapan pribadi, sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang lainnya sehingga dapat mendukung pelaksanaan operasi.

Laksanakan pengamanan dengan penuh rasa tanggung jawab, humanis dan profesional sesuai SOP.

Pimpinan di setiap tingkatan harus terjun langsung di lapangan untuk melakukan pengawasan melekat kepada anggotanya masing-masing.

Baca juga: Polres Bangka Barat laksanakan simulasi pengamanan pemilu

Lakukan pengaturan jadwal pengamanan sehingga kesehatan personel selalu dalam kondisi yang prima, hal ini penting mengingat operasi yang dilakukan cukup panjang dan Pemilu 2024 dilakukan secara serentak.

Kedepankan komunikasi publik dan upaya peredaman agar masyarakat berpartisipasi penuh dalam mendukung penyelenggaraan Pemilu 2024, dan terhindar dari polarisasi.

“Tingkatkan sinergitas dan soliditas antar seluruh personel pengamanan maupun pemangku kepentingan terkait karena hal tersebut adalah kunci utama keberhasilan operasi,” katanya.

Baca juga: Aparat gabungan gelar pasukan Operasi Mantap Brata jelang pemilu 2024

Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata di Polda Sulut dihadiri antara lain Forkopimda Sulut, Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, Ketua KPU Sulut Kenly Poluan, Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh, para pejabat utama Polda Sulut.
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023