Penajam (ANTARA) -
Kepolisian Resor Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, mengerahkan 398 personel untuk mengamankan Pemilu 2024 di daerah berjuluk Benuo Taka itu selama 222 hari melalui Operasi Mantap Brata yang akan dilaksanakan mulai 19 Oktober 2023 sampai 20 Oktober 2024.
 
"Kami siap kawal pemilihan umum (pemilu)," tegas Kepala Polres Penajam Paser Utara, Ajun Komisaris Besar Polisi Hendrik Eka Bahalwan, usai apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa.

Baca juga: Polda Sulut gelar pasukan Operasi Mantap Brata dalam pengamanan Pemilu

Pada Operasi Mantap Brata 2023-2024 itu, Polres Penajam Paser Utara menerjunkan 398 personel atau dua pertiga dari jumlah total personel yang dimiliki. "Jumlah keseluruhan ada 597 personel dan dua pertiga atau 398 personel dikerahkan untuk pengamanan Pemilu 2024," jelasnya.

Kemudian kelengkapan peralatan untuk mendukung pengamanan mulai tahapan masa kampanye, masa tenang, serta saat pencoblosan hingga penghitungan suara Pemilu 2024 itu telah disiapkan. Pengawalan dan pengamanan menyangkut distribusi atau penyaluran logistik pemilu juga menjadi perhatian utama Polres Penajam Paser Utara.

Baca juga: Polres Bangka Barat laksanakan simulasi pengamanan pemilu

Semua kesiapan untuk pengamanan Pesta Demokrasi 2024 telah dilakukan, jelas dia, berkoordinasi dengan pihak atau pemangku kepentingan terkait dan penyelenggara pemilu diperkuat. "Partai politik peserta pemilu ikut dukung pengamanan dengan penandatanganan bersama Deklarasi Pemilu Damai 2024," tambahnya.

Polres Penajam Paser Utara menyiapkan antisipasi pengamanan dan pengawalan pemilu dengan membentuk tim satuan tugas (satgas). "Ada lima tim satgas pengamanan dan pengawalan dengan pola humanis memberikan edukasi kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Wali kota ingatkan masyarakat jangan mudah terprovokasi jelang Pemilu

Gelaran Pesta Demokrasi lima tahunan harus itu harus sejuk dan aman karena pemilu diadakan untuk rakyat, terkhusus masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara.

Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023