Singaraja (ANTARA) - Penjabat Bupati Buleleng, Ketut Lihadnyana, meninjau pembangunan Kantor Desa Bukti, Buleleng yang dibangun menggunakan dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) daerah sebesar Rp600 juta.

"Kami melakukan kunjungan kerja (kunker) ini untuk mengevaluasi kinerja pembangunan hingga penghujung tahun," kata dia, saat melakukan kunjungan kerja di Desa Bukti, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali, Selasa.

Ia menjelaskan kunjungan tersebut guna mengetahui kinerja pembangunan tersebut terkendala atau tidak. Selain itu, mengetahui kebutuhan masyarakat agar bisa diprogramkan pada tahun 2024 dan melihat kondisi riil di lapangan.

Baca juga: Pemkab Buleleng fasilitasi pemuda jadi wirausaha

“Dari laporan tadi yang dibutuhkan masyarakat ada jalan, infrastruktur, pemberdayaan ekonomi nelayan. Nah, itu yang diprogramkan mendatang,” katanya.

Mengenai infrastruktur khususnya jalan, Penjabat Bupati yang juga Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Bali ini mengatakan akan memantapkan perencanaan dan memetakan jalan mana saja yang rusak.

Pada tahun ini, perbaikan jalan sudah ada yang dikerjakan. “Salah satu prioritas adalah jalan di Dusun Bayad, Desa Tajun yang merupakan jalan penghubung Desa Bukti-Desa Tunjung, Kecamatan Kubutambahan. Kondisinya rusak parah. Maka dari itu kita prioritaskan,” kata dia.

Baca juga: Pemprov Bali sasar 2.000 hektare lahan di Buleleng ditanami mangrove

Sementara itu, Perbekel (Kepala Desa) Bukti, Kecamatan Kubutambahan Gede Wardana menyebutkan pada awalnya, BKK yang diberikan untuk pembangunan kantor desa sebesar Rp500 juta.

Setelah itu, Pj Bupati Buleleng menambah jumlah Bantuan Keuangan Khusus (BKK) sehingga menjadi Rp600 juta. Pembangunan Kantor Desa Bukti hingga kini sudah mencapai 80 persen dengan anggaran terserap sebesar Rp442. 410.000.

Pengerjaan kantor itu ditargetkan rampung tahun ini karena pada awal tahun 2024 sudah pindah ke kantor yang baru. “Warga Desa Bukti sangat bahagia dan berterima kasih kepada Pemkab Buleleng. Dengan pembangunan kantor desa yang baru ini saya siap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan kinerja pembangunan di Desa Bukti,” katanya.

Baca juga: KemenPPPA minta penegak hukum usut kekerasan seksual anak di Bali

Pada tatap muka dengan masyarakat Kecamatan Kubutambahan, Pj Bupati Buleleng bersama dengan DPRD Buleleng menyerahkan berbagai jenis bantuan kepada masyarakat.

Pewarta: Rolandus Nampu/IMBA Purnomo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023