diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari perwakilan guru PAUD dan TK se-Jakarta Pusat serta perwakilan PKK Jakarta Pusat
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Jakarta Pusat  memberdayakan  duta baca dalam peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berlangsung pada 16-17 Oktober.

Kepala Seksi Perpustakaan Sudin Pusip Jakarta Pusat Dedi Santoso mengatakan peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia juga diisi dengan kegiatan bincang-bincang serta lokakarya ekspresi kreativitas mendongeng untuk anak menggunakan media "big book".

"Kegiatan ini diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari perwakilan guru PAUD dan TK se-Jakarta Pusat serta perwakilan PKK Jakarta Pusat. Kegiatan ini untuk memperingati Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia yang jatuh setiap bulan Oktober," kata Dedi di Aula Kantor Sudin Pusip, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut Dedi, peringatan Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia yang selalu dilakukan sejak tahun 1980 ini bertujuan memelihara semangat dalam Sumpah Pemuda.

Selain itu, kegiatan juga meningkatkan peran serta masyarakat luas dalam membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, memelihara semangat, juga meningkatkan persatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar.

Sementara itu, Sekretaris Bunda PAUD Jakarta Pusat Herlina Iqbal mengatakan bahwa kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran dalam mendidik anak-anak.

Dengan begitu, pada praktiknya nanti guru-guru PAUD dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan.

"Pembelajaran yang menyenangkan membuat anak-anak dapat menyerap pembelajaran dengan baik," kata Herlina.

Dalam kegiatan ini, sebanyak 50 guru PAUD berlatih cara mendongeng yang menyenangkan, serta bernyanyi dengan bermain ekspresi sedih, senang, malu, dan marah.

Ilmu yang didapat akan ditularkan kepada guru-guru PAUD lainnya dalam setiap pertemuan,.

Herlina berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kualitas dari proses pendidikan usia dini dan bisa bermanfaat bagi anak-anak.
Baca juga: Penulis Australia ramaikan Hari Literasi Dunia di Jakarta
Baca juga: Istri Pj Gubernur DKI jadi Bunda Literasi tumbuhkan minat baca warga
Baca juga: DKI Jakarta tambah 14 perpustakaan keliling tahun ini

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023