Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan peluncuran aplikasi mobile dapat mempermudah masyarakat untuk memesan tiket Kereta Cepat Whoosh.

"Tiket Kereta Cepat Whoosh sudah dapat diakses melalui berbagai aplikasi mobile. Dengan begitu, masyarakat akan semakin mudah untuk memesan dan membeli tiket," ujar Menhub lewat keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menhub turut menghadiri peluncuran penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh pada aplikasi mobile di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta, Selasa.

Ia pun menyambut baik adanya dukungan sistem ticketing atau sistem penjualan tiket Kereta Cepat Whoosh yang memberikan berbagai pilihan. Tidak hanya pembelian langsung di loket stasiun dan vending machine, tiket Kereta Cepat Whoosh juga dapat diperoleh dengan membelinya di sejumlah aplikasi, di antaranya Whoosh, Access by KAI, Livin' by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

"Pada hari ini ada launching penjualan tiket Whoosh dengan aplikasi mobile. Ini juga kami tunggu-tunggu, kereta api yang canggih, dilengkapi pula dengan sistem tiketing yang baik tentu akan menambah kenyamanan. Masyarakat dapat secara mudah mengakses tiket kereta Whoosh langsung dari genggaman tangannya," ujar Menhub.

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Dwiyana Slamet Riyadi menyampaikan akan ada berbagai promo yang diberikan untuk menarik minat masyarakat menggunakan kereta cepat, di antaranya tiket promo Rp150.000 untuk perjalanan periode 18 Oktober sampai dengan 30 November 2023.

"Kami akan luncurkan program promo tiket Rp150.000. Diharapkan melalui beragam promo tiket Kereta Cepat Whoosh yang dihadirkan nanti dapat menarik minat masyarakat untuk beralih dari jalan raya ke transportasi publik berbasis rel khususnya kereta cepat sehingga bisa berkontribusi juga dalam mengurangi polusi dan mengurangi kemacetan," ujar Dwiyana.

Promo lainnya, yakni bagi penumpang yang sebelumnya telah membeli tiket perjalanan pada18-30 November 2023 seharga Rp300.000 akan mendapatkan tiket gratis sesuai jumlah tiket yang telah dibeli sebelumnya.

Adapun syaratnya, cukup dengan menunjukkan tiket yang telah dibeli disertai ID Card di loket stasiun. Reward tiket tersebut dapat ditukarkan untuk perjalanan Kereta Cepat Whoosh hingga 30 November 2023.

KCIC juga menginformasikan mulai 18 Oktober 2023, perjalanan Kereta Cepat Whoosh sudah normal dengan keberangkatan 14 perjalanan kereta per hari dengan rincian tujuh perjalanan dari Stasiun Halim dan tujuh perjalanan dari stasiun Tegalluar. Masyarakat dapat melihat informasi jadwal Kereta Cepat Whoosh melalui website resmi maupun aplikasi Whoosh.

Baca juga: KAI sediakan kereta pengumpan gratis dukung konektivitas Whoosh

Baca juga: Pertemuan bilateral Indonesia-China bahas kelangsungan kereta cepat

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023