Jakarta (ANTARA) - Kemarin Kereta Api Argo Wilis dan Argo Semeru mengalami kecelakaan di wilayah Kabupaten Kulon Progo, kasus penularan penyakit cacar monyet muncul di Jakarta, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat 14 kejadian kebakaran di tempat pembuangan akhir sampah dari Juni sampai Oktober 2023.

Selain itu, ada warta mengenai bencana banjir di Aceh Barat yang bisa disimak kembali dalam rangkuman berita berikut.

KAI minta maaf ke pelanggan menyusul anjloknya Argo Semeru

PT Kereta Api Indonesia menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan karena perjalanan kereta api menjadi terganggu akibat anjloknya Kereta Api 17 Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan Argo Wilis relasi Bandung-Surabaya Gubeng di KM 520 + 4 petak jalan Stasiun Sentolo-Stasiun Wates di Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, pada Selasa pukul 13.15 WIB. "Kedua jalur rel antara Wates - Sentolo untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi penumpang di dua KA yang mengalami musibah tersebut," kata EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji.

Kecelakaan kereta tidak sampai menimbulkan korban jiwa

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kulon Progo memastikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan Kereta Api Argo Wilis dan Kereta Api Argo Semeru di Dusun Kalimenur, Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kasus cacar monyet di Jakarta merupakan kasus transmisi lokal

Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa satu kasus penularan penyakit cacar monyet yang dideteksi di Jakarta merupakan kasus transmisi lokal.  Penderitanya tidak punya riwayat perjalanan ke luar negeri.

BNPB catat 14 kejadian kebakaran TPA sampah sepanjang Juni-Oktober 2023

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat 14 kejadian kebakaran tempat pembuangan akhir (TPA) sampah sepanjang Juni hingga Oktober 2023. Kebakaran TPA terjadi di berbagai daerah, dari Sabang sampai Merauke.

Banjir menggenangi lebih dari 100 rumah warga di Aceh Barat

Hujan dengan intensitas tinggi yang turun pada Senin (16/10) sore hingga malam menyebabkan banjir dan mengakibatkan lebih dari 100 rumah warga tergenang di wilayah Kecamatan Pante Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Menurut data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), banjir masih menggenangi 106 rumah di Desa Seumantok, 10 rumah di Desa Keutambang, dan enam rumah di Desa Jambak.



 

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2023