Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Presiden Ahmad Basarah mengatakan bakal calon presiden dan calon wakil presiden (bacapres/bacawapres) Ganjar Pranowo-Mahfud MD merupakan pasangan merah-putih yang lahir membawa semangat membangun Indonesia lebih maju.

Menurut dia, pasangan Ganjar-Mahfud lahir dari perenungan ideologis Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama para ketua umum partai koalisi lainnya menyatukan keduanya yang merupakan perpaduan antara tokoh nasionalis dan religius.

"Ganjar dan Mahfud memiliki komitmen tinggi terhadap kebangsaan, menjaga toleransi dan merawat persatuan nasional," kata Basarah di Jakarta, Rabu.

Dia menjelaskan Ganjar selama ini dikenal sebagai sosok nasionalis dan merakyat karena lahir dan tumbuh di PDI Perjuangan yang dikenal sebagai partai ideologis dan "wong cilik".

Baca juga: Ganjar-Mahfud ingin pembangunan bangsa Indonesia bergerak cepat

Sementara itu menurut dia, Mahfud selama ini dikenal sebagai sosok yang religius, bersih, dan berani melawan ketidakadilan. Dia mengatakan Mahfud juga punya pengalaman lengkap di legislatif, eksekutif dan yudikatif.

"Selama ini dikenal sebagai pendekar hukum, satu dari sedikit tokoh di Indonesia yang berani, bernyali dan lantang membongkar kasus-kasus korupsi dan ketidakadilan hukum. Pak Mahfud juga dikenal sosok yang terdepan membela hak-hak wong cilik,” ujarnya.

Basarah menilai pasangan Ganjar-Mahfud mampu membawa Indonesia lebih maju dengan mengusung semangat kebangsaan dan persatuan nasional.

Pasangan tersebut menurut dia, juga memiliki komitmen kuat membenahi sistem hukum yang memberikan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengumumkan Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo dalam kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2024.

"Hari ini, Rabu 18 Oktober 2023 saya dengan mantap diri saya ambil keputusan ke semua, saya tujukan sebesar-besar bagi kepentingan rakyat, bangsa dan negara dengan ucapkan bismillahirrahmanirrahim calon wakil presiden yang dipilih PDIP yang akan dampingi Ganjar Pranowo adalah Prof Dr Mahfud MD,” ujar Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu.

Pengumuman Mahfud sebagai bacawapres tersebut dihadiri oleh para ketua umum partai politik pengusung dan pendukung bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo.

Para ketum tersebut adalah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Plt Ketua Umum DPP PPP Mardiono, Ketua Umum DPP Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua Umum Partai Perindo Hari Tanoesoedibjo.

Baca juga: PPP: Sandiaga tak kecewa Mahfud MD ditunjuk jadi bakal cawapres
Baca juga: PAN harap Mahfud jadi bacawapres warnai pilpres dengan adu gagasan
Baca juga: Mahfud: Ganjar sosok yang tepat untuk pimpin bangsa

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023