Jakarta (ANTARA) - Konsultan properti Jones Lang LaSalle (JLL) mengungkapkan tingkat hunian perkantoran di Jakarta terpantau stabil pada kuartal III tahun ini.

"Tingkat hunian sektor perkantoran di Jakarta tergolong stabil di triwulan ketiga tahun 2023, yaitu di angka 70 persen untuk kawasan Central Business District (CBD) dan 71 persen untuk kawasan Non-CBD," ujar Head of Research JLL Yunus Karim dalam Media Briefing di Jakarta, Rabu.

Yunus mengatakan, permintaan yang relatif masih terbatas dan perpindahan tenant menuju gedung yang lebih baru dengan kualitas yang lebih baik masih menjadi tema tahun ini.

"Untuk Kawasan CBD, satu proyek gedung kantor yang berlokasi di Gatot Subroto selesai dibangun dan mulai beroperasi. Pada penghujung tahun, pasokan gedung kantor diperkirakan masih akan bertambah," katanya.

Sementara itu, Head of Office Leasing Advisory JLL Angela Wibawa mengatakan bahwa Aktivitas pencarian ruang perkantoran tetap aktif terlihat di triwulan ketiga tahun 2023 yang berasal dari berbagai sektor, khususnya di gedung-gedung yang lebih baru dan memiliki kualitas yang lebih baik.

Beberapa tren yang masih berlangsung diantaranya adalah perusahaan menerapkan strategi penghematan biaya sehingga tetap merumuskan formula yang tepat dalam menentukan besaran kebutuhan ruang perkantoran mereka.

Dengan permintaan yang relatif terbatas, pemilik gedung menerapkan strategi-strategi untuk tetap kompetitif baik untuk mempertahankan maupun menaikkan tingkat hunian mereka.

Situasi ini secara umum membuat harga sewa masih tetap tertekan, akan tetapi kami mulai melihat beberapa gedung yang memiliki kualitas lebih baik dan tingkat hunian yang juga di atas rata-rata pasar, mulai menahan harga sewa mereka tetap stabil.

Baca juga: Konsultan properti: Perkantoran di Jakarta naik 2-2,5 persen per tahun
Baca juga: Legislator minta perketat pengawasan penggunaan air tanah di DKI
Baca juga: Pemindahan IKN buka peluang penambahan stok perkantoran di Jakarta

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023