Kulon Progo (ANTARA) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun Inclusive Tourism Information Center (ITIC) untuk memaksimalkan pelayanan dalam bidang pariwisata di wilayah itu.

Kepala Dinas Pariwisata Kulon Progo Joko Mursito di Kulon Progo, Rabu, mengatakan gedung ITIC dibangun Kawasan Kantor Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo.

"ITIC untuk mewujudkan pengembangan pariwisata Kulon Progo 'inclusive tourism'," kata Joko Mursito.

Ia mengatakan, Kulon Progo kondisi geografisnya  beragam, sehingga kondisi yang beragam ini membuat tidak semua orang bisa hadir atau bisa mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada di daerah itu.

Pembangunan gedung ITIC merupakan bentuk upaya dalam rangka mendukung program Layanan Kulon Progo Wisata Ramah Disabilitas atau disebut juga dengan “Laku Wirasa”.

"Yakni Layanan Kulon Progo Wisata Ramah Disabilitas, yang secara harfiah memiliki arti sebuah perjalanan yang penuh tenggang rasa, penuh dengan solidaritas," katanya.

Joko mengatakan gedung tersebut nantinya akan terdapat berbagai bentuk pelayanan informasi yang ditujukan bagi penyandang disabilitas.

"Kani memang membuat program yang realistis jangka pendek, jangka menengah, kita membuat layanan informasi untuk disabilitas," kata Joko Mursito.

Dia mengatakan Layanan Kulon Progo Wisata Ramah Disabilitas, produknya nanti adalah di tempat yang BPD akan bangun melalui CSRnya ini, akan ada layanan petualangan khusus, namanya virtual reality.

"Nanti kita sudah kerja sama dengan yayasan disabilitas, sekolah-sekolah SLB, dan juga National Paralympic Committee (NPC)," katanya.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti mengapresiasi pembangunan ITIC ini karena melalui adanya pembangunan dalam program tersebut mampu menjadikan pariwisata tidak hanya diperuntukkan bagi wisatawan yang bisa melakukan apa saja, namun siapapun bisa menikmati pariwisata yang ada di Kulon Progo.

“Jadi dengan keterbatasan-keterbatasan yang dimiliki oleh seseorang , mereka menjadi tetap dapat menikmati pariwisata di Kulon Progo," kata Ni Made Dwipanti.

Ia berharap agar seluruh masyarakat Kulon Progo dapat mendukung bersama dan bertanggung jawab dalam menjalankan dan mengembangkan program ini.

Menurutnya, program yang sangat bagus, mari kita dukung bersama-sama. Jangan memandang dari siapa atau ide siapa, tapi untuk siapa.

"Kalau untuk semuanya, untuk masyarakat Kulon Progo, untuk semua yang hadir dalam Kulon Progo ini, saya kira ini menjadi tanggung jawab kita bersama untuk kemudian menjalankan dan mengembangkan ini menjadi sesuatu yang bermanfaat nantinya, dan berlanjut," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023