Pameran The 3rd ILE 2023 ini tentunya akan mendorong para pelaku bisnis lisensi dan franchise lokal dalam mengembangkan usaha
Jakarta (ANTARA) - Pameran Lisensi Indonesia ketiga atau the third Indonesia Licensing Expo (ILE) 2023 mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia secara merata melalui pengembangan bisnis lisensi dan/atau waralaba (franchise) lokal.

“Pameran The 3rd ILE 2023 ini tentunya akan mendorong para pelaku bisnis lisensi dan franchise lokal dalam mengembangkan usaha,” ujar CEO Krista Exhibitions Daud Salim melalui keterangannya di Jakarta, Rabu.

Daud mengatakan bahwa salah satu peserta pameran di bidang kuliner ayam goreng berhasil menggaet 13 mitra selama pameran berlangsung. Daud mengungkapkan jumlah pengunjung yang tercatat selama empat hari kegiatan, yakni sejak 11 Oktober-14 Oktober 2023, mencapai lebih dari 15 ribu orang.

Bagi Daud, pameran itu tidak hanya menyemarakkan kegiatan perekonomian Indonesia, tetapi mendorong pertumbuhan merata seluruh sektor, khususnya pada industri lisensi dan waralaba.

Selaras dengan Daud, Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) Susanty Widjaya menjelaskan tujuan dari pameran ini adalah menjadikan Indonesia sebagai pusat lisensi ASEAN dengan tema, “Road to Indonesia as Licensing and Franchising Hub”.

Pameran tersebut, lanjut Susanty, juga melibatkan lintas kementerian, yakni Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Pariwisata. Selain jajaran kementerian, Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) juga turut terlibat dalam penyelenggaraan ILE 2023.

“Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh peserta pameran yang setia, dan pihak kementerian yang telah mendukung dan berpartisipasi,” ucap Susanty.

Dalam acara penutupan, Susanty mengundang para peserta pameran ILE 2023 untuk kembali berpartisipasi pada ILE 2024.

“Kami berusaha memberikan sesuatu yang lebih baik, terutama untuk pertumbuhan merek lokal dan juga pertumbuhan perekonomian Indonesia,” kata Susanty.

Baca juga: PHRI: Indonesia Licensing Expo 2023 simbol eksistensi waralaba lokal
Baca juga: Kemendag optimistis pertumbuhan kewirausahaan tembus 4 persen

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Sella Panduarsa Gareta
Copyright © ANTARA 2023