Surabaya (ANTARA) - DPC Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kota Surabaya, Jawa Timur, bergerak turun ke rakyat usai penetapan pasangan bakal Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Mahfud MD.

"Kami semua lega dan bersyukur dengan ditetapkan Pak Mahfud MD sebagai Cawapres yang diusung PDI Perjuangan, PPP, Partai Hanura dan Perindo," kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Surabaya Adi Sutarwijono saat nonton bareng (nobar) penetapan Ganjar-Mahfud di kantor DPC PDI Perjuangan Surabaya, Rabu.

Kader-kader banteng Kota Surabaya sontak memekikkan "Merdeka!" bersahut-sahutan begitu Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dan ketua umum parpol lain menetapkan Mahfud MD sebagai Calon Wakil Presiden, mendampingi Calon Presiden Ganjar Pranowo.

Menurut Adi, kader-kader banteng menyambut dengan rasa optimistis yang berkobar-kobar, semangat dan daya juang untuk memenangkan Ganjar-Mahfud MD pada Pemilu yang digelar pada 14 Februari 2024.

Adi menyebut, Mahfud MD sebagai tokoh yang punya banyak pengalaman di bidang pemerintahan. Tokoh kelahiran Madura itu adalah pendekar hukum yang punya prinsip yang kokoh. Mahfud pernah bertugas Ketua Mahkamah Kontitusi (MK), sebagai menteri pembantu presiden, dan sebagai anggota DPR RI.

"Sosok Pak Mahfud MD kenyang ditempa pengalaman, dan teruji. Hatinya teguh. Pernah bertugas di yudikatif, eksekutif dan legislatif. Lengkap pengalaman beliau," kata Adi yang juga Ketua DPRD Surabaya ini.

Nonton bareng pengumuman Cawapres Mahfud MD digelar PDIP Surabaya, dihadiri kader-kader banteng, bersama budayawan, seniman, agamawan, kader-kader banteng milenial dan gen Z, serta calon-calon legislatif. Hadir juga komunitas warga Madura.

Adi menambahkan, kader-kader banteng dari PDIP akan membawa nama Ganjar Pranowo-Mahfud MD ke kampung-kampung, perumahan dan pemukiman, dan mengetok setiap rumah-rumah warga masyarakat.

"Kami semua bergerak turun ke rakyat, mengetok pintu-pintu rumah warga, keluar masuk kampung, untuk memperkenalkan Calon Presiden Ganjar Pranowo dan Calon Wakil Presiden Mahfud MD," kata Adi.

Selain itu, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD selama ini dikenal sebagai sosok berani, bersih, dan antikorupsi. Semasa menjabat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar dikenal sukses memberantas pungutan liar dan menempatkan provinsi itu sebagai percontohan daerah antikorupsi.

Hal sama juga dikatakan Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur sekaligus Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. Menurutnya, pasangan Ganjar -Mahfud semakin mengokohkan pasangan nasionalis-religius, religius-nasionalis.

"Kader-kader banteng bersama seluruh relawan bergerak turun ke masyarakat, tidak henti-henti, memenangkan PDI Perjuangan dan Ganjar-Mahfud MD," kata Eri.

Baca juga: Massa gelar aksi dukungan Ganjar-Mahfud di Kantor DPP PDI Perjuangan

Baca juga: Direktur PPI: Mahfud sosok yang nyaris tak punya celah

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2023