Sudah bisa dilokalisasi dan kita padamkan, dan ini sampai dengan 50 persen, sampai siang ini tidak ada titik api baru
Jakarta (ANTARA) -
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandar Lampung melaporkan kebakaran di tempat pembuangan akhir (TPA) Bakung telah terkendali hingga 50 persen.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bandar Lampung, Ahmad Husna dalam Teropong Bencana diikuti daring di Jakarta, Rabu, mengatakan luas terbakar sebesar 5 hektare dari total kawasan 14,2 hektare.

Baca juga: Bappenas optimalkan TPST di Bali usai kebakaran TPA Suwung

"Sudah bisa dilokalisasi dan kita padamkan, dan ini sampai dengan 50 persen, sampai siang ini tidak ada titik api baru," ujar Ahmad.

Ahmad mengatakan, kebakaran TPA Bakung tersebut diperkirakan dapat terkendali 2-3 hari mendatang, sehingga tidak perlu untuk menetapkan status tanggap daruat.

Selain itu, berdasarkan hasil identifikasi penyebab kebakaran TPA Bakung yakni adanya puntung rokok yang terbuang sembarangan, serta dipengaruhi kondisi iklim kemarau yang mempercepat api menjalar.

Hingga saat ini, kata Ahmad, pihaknya sudah mengerahkan 12 mobil water supply dan ekskavator untuk melokalisir api agar tidak merambat ke wilayah lain.

Baca juga: BNPB: Ada 14 kejadian kebakaran TPA sampah sepanjang Juni-Oktober 2023

"Untuk kesehatan masyarakat, pemerintah bekerjasama dengan dinas kesehatan, setempat, puskesmas, kecamatan dan kelurahan untuk berkeliling ke warga terdampak, memeriksa kesehatan warga sekitar, kita periksa, memberikan masker," ujar Ahmad.

Masyarakat di sekitar TPA Bakung tidak mengungsi dan masih menetap di rumah mereka. Sebab dengan adanya upaya pemadaman, asap kebakaran sudah mulai mengecil.

Kronologis kebakaran tempat pembuangan akhir sampah terpadat di Provinsi Lampung yang berada di Jalan Tulung Buyut, Kecamatan Teluk Betung Barat (TBB) terjadi pada Jumat (13/10) pukul 17:50 WIB. Awal titik area terbakar berada di posisi tengah TPA, dan kini terus menyebar hingga terakhir luas lahan terbakar hampir mencapai 5 hektare serta menimbulkan asap tebal yang mencemari udara sekitar.

Baca juga: BPBD Lampung bantu 15 ribu liter air padamkan TPA Bakung

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023