Bandarlampung (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Lampung siap membantu logistik dan masker bagi masyarakat terdampak kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bakung , Kota Bandarlampung yang mengalami kebakaran pada Jumat (13/10/2023) malam.
 
"Kami siap membantu Pemerintah Kota Bandarlampung dalam menanggulangi kebakaran di TPA Bakung," ujar Sekretaris BPBD Provinsi Lampung Indra Utama saat dihubungi di Bandarlampung, Jumat malam.
 
Ia mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya sudah membagikan logistik ke BPBD kabupaten dan kota dalam upaya mengantisipasi adanya kejadian darurat, salah satunya dampak atas adanya kebakaran TPA Bakung.
 
"Kami siap siaga untuk membantu kalau ada kejadian seperti ini, mobil tangki air, lalu logistik termasuk masker juga sudah dibagikan sehingga bisa membantu BPBD Kota Bandarlampung agar dibagikan ke masyarakat," katanya.
 
Dia menjelaskan untuk saat ini dalam mengatasi kebakaran di TPA Bakung BPBD Kota Bandarlampung masih bisa mengendalikannya.
 
"Baru saja kami menghubungi BPBD Kota Bandarlampung, mereka masih bisa mengendalikan apinya. Dan bila mereka perlu dukungan alat pemadam kami bisa memfasilitasi menghubungi Pelindo dan PT Bukit Asam yang memiliki alat pemadam yang memadai," ucapnya.
 
Tanggapan atas adanya rencana membagikan masker kepada masyarakat yang terdampak kebakaran TPA Bakung juga dikatakan oleh Camat Teluk Betung Barat, Idham Basyar Syahputra.
 
"Ini kejadian terjadi sejak sore hari, tapi penyebab pasti belum diketahui tapi bersyukur bisa langsung ditangani oleh pemadam kebakaran," kata Idham Basyar Syahputra.
 
Ia mengatakan pihaknya juga berencana akan membagikan masker kepada warga sekitar yang terdampak asap kebakaran dari TPA Bakung.
 
"Nanti kita lihat upaya pemadamannya, karena disini banyak plastik dan asap mudah terbawa angin kalau asapnya sampai ke warga dan diperlukan masker akan dibagikan ke masyarakat," tambahnya.
 
Diketahui hingga pukul 23.15 WIB pemadam kebakaran masih terus berupaya memadamkan beberapa titik api yang masih membakar area pembuangan sampah atau tempat pembuangan akhir (TPA) Bakung.

Baca juga: Kebakaran terjadi di TPA Bakung Bandarlampung
Baca juga: Pemprov Lampung siap bantu padamkan kebakaran TPA Bakung

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023