sudah mencapai 62 persen
Jakarta (ANTARA) - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengatakan, progres pembangunan Mass Rapid Transit (MRT) Fase 2A Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Harmoni CP202 saat ini sudah mencapai 62 persen.

"Progres pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP201 Bundaran HI-Harmoni sudah mencapai 62 persen, sedangkan Fase 2A CP202 Harmoni-Kota mencapai 26 persen," kata Heru usai meninjau pembangunan jalur MRT Fase 2A di sepanjang terowongan mulai dari kawasan Monas menuju Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu.

Konstruksi MRT Jakarta Fase 2A ini, kata Heru dipastikan aman, bahkan konstruksi ini tahan terhadap gempa berkekuatan hingga delapan skala richter.

"Fase 2A sampai dengan Kota mudah-mudahan dapat berjalan dengan baik dan tepat waktu, aman semua, kuat menahan gempa sampai delapan skala richter. Konstruksinya aman dari segala penjuru. Dulu pernah dibahas juga ini tidak mengganggu konstruksi Monas," jelas Heru.
 
Turut hadir dalam peninjauan tersebut Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan Adriansyah dan Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat.

Baca juga: MRT Jakarta targetkan jalur fase 2A beroperasi antara 2028 atau 2029
 
Pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP201 ditargetkan akan beroperasi pada 2027 secara bertahap. Nantinya, jika pembangunan ini sudah selesai sampai Harmoni, maka bisa langsung beroperasi dari Bundaran HI menuju Harmoni, sambil tetap berjalan pembangunan Harmoni-Kota.
 

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bersama Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekda DKI Jakarta Afan Adriansyah dan Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat saat meninjau pembangunan jalur MRT Fase 2A di sepanjang "tunnel" mulai dari kawasan Monas menuju Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (18/10/2023). ANTARA/Siti Nurhaliza

Selain itu, pembangunan MRT Fase 2A ini nanti juga akan terkoneksi dengan MRT Fase 3 East West (Cikarang-Jakarta-Balaraja).
 
"Nanti di Agustus 2024 akan ada 'groundbreaking' MRT Timur Barat yang lokasinya tidak jauh dari sini. Jadi, nanti akan menjadi 'interconnecting' dari arah Senen ke Tanah Abang terus ke Tomang," ucap Heru.

Fase 2A MRT Jakarta akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota.

Fase 2A tersebut dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI-Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen dua Harmoni-Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. Fase 2B MRT Jakarta yang rencananya melanjutkan dari Kota sampai dengan Depo Ancol Barat masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

Baca juga: MRT Jakarta: Progres pembangunan fase 2A Bundaran HI-Kota 19,68 persen
 
Adapun Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023