kami ‘invasi’ dengan kesiapan Jakarta menjadi kota MICE
Jakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta berkomitmen mempromosikan Jakarta sebagai kota dengan industri pariwisata dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) berstandar dunia kepada masyarakat global.

Kepala Disparekraf DKI Andhika Permata saat rapat kerja dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta di Balai Kota Jakarta, Rabu, mengatakan, kota-kota tempat diadakannya pameran industri MICE tingkat internasional akan menjadi target utama promosi tersebut.

“Pada saat pembeli dan penjual bertemu di kota itu, tentunya bandara mereka, majalah penerbangan, maupun majalah gaya hidupnya akan kami ‘invasi’ dengan kesiapan Jakarta menjadi kota MICE,” kata Andhika. 

Ia menyebutkan kota-kota tersebut adalah Barcelona, Bangkok, Frankfurt, dan Melbourne.

Selain itu, ia juga menyebutkan kota Berlin, London, dan Dubai, yang masing-masing merupakan tuan rumah pameran pariwisata internasional, sebagai kota target lainnya dalam promosi pariwisata dan MICE Jakarta.

Baca juga: BPS catat kunjungan wisman ke Indonesia meningkat 166,12 persen

Andhika mengatakan, Disparekraf DKI Jakarta menargetkan promosi tersebut hadir di media-media cetak dan bandara dalam maupun luar negeri, serta melalui pameran dan agenda lainnya.

“Beberapa platform promosi baru yang kami usulkan tentunya untuk melengkapi platform yang sudah ada,” kata dia.

Ia menegaskan bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah menyatakan dukungannya terhadap usaha Disparekraf mengembangkan Jakarta sebagai kota dengan industri pariwisata dan MICE yang mapan.

Rencana promosi internasional tersebut juga direncanakan berdasarkan diskusi dengan deputi pemasaran dan deputi kebijakan strategis Kemenparekraf, katanya.

Selain Kemenparekraf, kedutaan besar dan konsulat jenderal Republik Indonesia di berbagai negara juga sangat antusias mendukung Jakarta mempromosikan industri pariwisata dan MICE.

Baca juga: Pendapatan wisata DKI tetap kuat meskipun ibu kota pindah ke IKN

Usaha-usaha promosi pariwisata yang dilakukan Disparekraf DKI Jakarta juga merupakan suatu upaya mewujudkan Jakarta sebagai kota global dan pusat bisnis tingkat dunia setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara, kata Andhika.

Pewarta: Nabil Ihsan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023