Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita humaniora pada Rabu mulai dari transmisi penularan penyakit cacar monyet (Monkeypox) bisa berasal dari antarmanusia hingga keberhasilan program keluarga berencana (KB) berpengaruh dalam menekan angka kematian ibu (AKI).

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. PDHI: Penyebaran cacat monyet bukan lagi dari hewan ke manusia

Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) DKI Jakarta mengungkapkan bahwa transmisi penularan penyakit cacar monyet (Monkeypox) bukan lagi berasal dari hewan ke manusia melainkan antarmanusia.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Peneliti BRIN ungkap beberapa parasit malaria resisten obat

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan beberapa parasit malaria kini resisten terhadap obat yang membuat upaya pemberantas penyakit itu kian menghadapi tantangan serius, mengingat penyakit malaria bisa ditemukan 40 persen dari populasi dunia.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Menko PMK: Kualifikasi guru Papua tidak mesti sama dengan wilayah lain

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan kualifikasi guru di Papua tidak mesti sama atau mengikuti standar seperti di wilayah lain.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Kemendikbud dukung pembangunan SDM lewat Festval Kota Kata Kita

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui penyelenggaraan Festival Kota Kata Kita yang merupakan langkah awal dari perhelatan akbar Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2023.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Kemenkes: Keberhasilan program KB tekan kasus angka kematian ibu

Direktorat Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan keberhasilan program keluarga berencana (KB) berpengaruh dalam upaya menekan angka kematian ibu (AKI).

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023