Jakarta (ANTARA) -
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Muhammad Anwar memberikan piagam penghargaan kepada para atlet dari wilayah tersebut yang menorehkan prestasi di Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI 2023 di Palembang, Sumatera Selatan.
 
"Kami memberikan apresiasi kepada para atlet yang sudah berjuang dalam POPNAS XVI di Palembang," kata Anwar di Kantor Wali Kota Jakarta Timur, Kamis.

Dia mengatakan, atlet merupakan salah satu ujung tombak generasi bangsa dan mengharumkan Jakarta Timur di POPNAS XVI 2023.
 
Penghargaan kepada para atlet POPNAS XVI 2023 yang diberikan Pemerintah Kota  Administrasi Jakarta Timur (Jaktim) merupakan yang pertama dari seluruh wilayah di DKI Jakarta.
 
Menurut Anwar, penghargaan ini dilakukan untuk memberikan motivasi kepada para atlet.

"Kami ingin memberikan motivasi dan membuat mereka merasa dihargai, merasa diperhatikan oleh Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur agar terus berlatih lebih giat dan mempertahankan medali yang diraih," tuturnya.

Baca juga: Pemprov DKI beri penghargaan atlet peraih medali POPNAS XVI 2023
 
Wali kota juga berpesan kepada atlet untuk tidak pernah puas dengan raihan yang telah mereka capai. "Saya berpesan jangan pernah puas sampai di sini terus berlatih dengan baik, dan selalu tanamkan mengejar prestasi yang lebih tinggi lagi," kata dia.
 
Pada POPNAS XVI 2023 yang digelar di Sumatera Selatan pada 26 Agustus-4 September, kontingen DKI Jakarta sukses meraih juara umum. Total medali yang diraih, yakni 84 medali emas, 49 perak dan 47 perunggu.
 
Deretan medali itu di antaranya disumbangkan para atlet asal Jakarta Timur. Ada 47 atlet dari total 300 atlet DKI Jakarta yang menorehkan medali dari 14 cabang olahraga yang dipertandingkan.
 
Kepala Suku Dinas Pemuda Olahraga Jakarta Timur Suyoto menjelaskan, apresiasi diberikan kepada para atlet yang berjuang di POPNAS XVI 2023, terutama para peraih medali emas, perak dan perunggu dan berdomisili di Jakarta Timur.
 
"Jadi dalam ajang POPNAS XVI 2023 di Pelambang, DKI Jakarta menjadi juara umum dengan perolehan medali emas 84, perak 49 dan perunggu 47 dengan total medali 180 medali," katanya.

Baca juga: Legislator apresiasi prestasi pelajar DKI Jakarta di Popnas Palembang

Dari 300 atlet dari DKI Jakarta ada 47 atlet dari Jakarta Timur yang berhasil meraih medali.
 
Dia berharap para atlet dapat terus meningkatkan prestasinya karena prestasi yang diperoleh itu membanggakan Jakarta Timur dan DKI Jakarta.
 
"Ini adalah awal bagi mereka menunjukkan prestasinya mereka harus terus berlatih lebih giat dan fokus dengan satu tujuan yaitu menjadi yang terbaik agar menjadi atlet yang lebih berprestasi di kemudian hari," kata Suyoto.
 
Salah satu atlet senam yang meraih medali emas, Marsya Beby Clarissa mengaku terharu dan senang dengan penghargaan yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Jaktim.
 
Ini merupakan penghargaan pertama dari Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. "Semoga dari penghargaan ini bisa menambah semangat lagi aku untuk terus berlatih, sehingga bisa terus sukses dan menjadi lebih baik lagi," ujarnya.
Baca juga: Raih 84 medali emas, DKI Jakarta juara umum Popnas XVI di Palembang

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023