Jakarta (ANTARA) -
Ratusan pengacara yang tergabung dalam Tim Hukum Nasional Anies Baswedan (THN ABW) turut mendampingi pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Kamis.
 
"Kami hadir untuk memastikan seluruh tahapan dilakukan dengan prosedur hukum yang benar," kata Ketua THN ABW Ari Yusuf Amir di Jakarta, Kamis.
 
Dia menegaskan organisasinya tidak akan mentolerir kecurangan sekecil apapun. Sebab yang dipertaruhkan dalam pemilu adalah kepentingan bangsa dan negara selama lima tahun ke depan.
 
Ari menyatakan para pengacara itu bergabung bersama puluhan ribu pendukung pasangan Anies-Muhaimin AMIN. Para advokat tampak kompak berpakaian toga, sebagai simbol profesi.

Baca juga: Anies-Muhaimin sebut berkas pendaftaran Pilpres 2024 memenuhi syarat
 
THN ABW kata dia, telah terbentuk di 30 provinsi dan 150 kabupaten/kota. Sedikitnya 5.000 advokat sudah tergabung dalam tim tersebut.

Ari mengatakan dalam mengawal kepentingan hukum pasangan AMIN, pihaknya siap membangun sinergi dengan para penyelenggara pemilu dan aparat penegak hukum dalam mewujudkan pilpres yang jujur dan adil.
 
"THN ABW akan bekerja secara profesional demi tegaknya maruah pemilu dan demokrasi di Indonesia, dalam melahirkan presiden dan wakil presiden pilihan rakyat yang legitimate," tegasnya.
 
Ari juga mengajak semua pihak untuk merawat komitmen kebangsaan dalam mewujudkan negara hukum yang berkeadilan, yaitu negara hukum yang berorientasi bukan pada kepentingan kekuasaan, tetapi pada pemenuhan kepentingan rakyat.
 
Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tiba di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Kamis sekitar pukul 9.45 WIB.
 
Keduanya, didampingi oleh ketua umum dan petinggi partai dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), mendaftarkan diri untuk maju sebagai capres-cawapres di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.
 
Anies-Muhaimin (AMIN) yang kompak mengenakan atasan putih sempat kesulitan memasuki Kantor KPU RI karena lautan massa di sepanjang Jalan Imam Bonjol sehingga menyulitkan orang-orang membuka jalan.
 
Anies-Muhaimin menjadi pasangan bakal capres dan bakal cawapres pertama yang mendaftarkan diri mereka pada hari pertama pendaftaran ke KPU dibuka.

Pasangan itu saat ini didukung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang terdiri atas NasDem, PKB, dan PKS.
 
Rombongan Anies-Muhaimin memulai rangkaian pendaftarannya di kediaman masing-masing, kemudian berlanjut ke Kantor DPP PKS, Kantor DPP PKB, terakhir ke NasDem Tower, yang merupakan Kantor DPP NasDem.
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023