Harapannya, program tambahan ini benar-benar diinformasikan kepada seluruh anggota. Dari data BPS masih banyak pekerja yang belum memiliki rumah sehingga bisa memanfaatkan betul program ini
Jakarta (ANTARA) - BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) mengajak pekerja peserta jaminan sosial ketenagakerjaan (jamsostek) memanfaatkan layanan tambahan, yakni kepemilikan rumah dengan bunga rendah.

"Hal itu sesuai dengan tagline, Ingat rumah, ingat BPJAMSOSTEK," kata Kepala Kanwil BPJAMSOSTEK Jakarta Deny Yusyulian dalam keterangannya yang di terima di Jakarta, Kamis.

Dia mengatakan kepemilikan rumah merupakan salah satu manfaat tambahan dari program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan kepemilikan rumah berbunga rendah.

"Kita mengetahui, umumnya peserta BPJAMSOSTEK mendapat manfaat jika mengalami musibah, seperti kecelakaan kerja, meninggal dunia atau berhenti bekerja. Dengan adanya manfaat tambahan program JHT dalam bentuk kepemilikan rumah akan meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan seluruh pekerja Indonesia," kata Deny.

Dasar hukumnya adalah Permennaker No.17/2021 yang mengatur cara dan pola pinjaman kepemilikan rumah.

Deny menyatakan serikat pekerja/buruh menjadi pintu masuk mensosialisasi manfaat program itu karena tempat berhimpun dan berkomunikasi. Kegiatan itu juga didukung penuh Dinas Tenaga Kerja dan Energi Provinsi DKI Jakarta yang merupakan bagian dari sinergi.

Dia mencatat di DKI Jakarta, tingkat kepatuhan mulai meningkat karena semakin banyak pekerja yang menjadi peserta jamsostek. "Tentu saja dorongan dari Dinas Tenaga Kerja dan Energi Jakarta yang terus memastikan program ini berjalan dengan baik. Inilah yang terus kami sosialisasikan kepada seluruh stakeholder, salah satunya serikat pekerja/buruh," katanya.

Sosialisasi layanan tambahan kepemilikan rumah dengan bunga rendah itu diikuti perwakilan 10 besar federasi pekerja/buruh di DKI Jakarta.

"Harapannya, program tambahan ini benar-benar diinformasikan kepada seluruh anggota. Dari data BPS masih banyak pekerja yang belum memiliki rumah sehingga bisa memanfaatkan betul program ini," kata Deny Yusyulian.

Dalam kegiatan itu, Deny menyerahkan secara simbolis bantuan 400 paket sembako untuk anggota serikat pekerja/buruh.*

Pewarta: Erafzon Saptiyulda AS
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023