Alhamdulillah, realisasi investasi kita pada kuartal ketiga sebesar Rp374,4 triliun. Ini hampir kurang lebih tumbuh q to q 7 persen dan yoy 21,6 persen.
Jakarta (ANTARA) -
Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang triwulan III 2023 mencapai Rp374,4 triliun, tumbuh 21,6 persen dibandingkan capaian periode yang sama pada tahun sebelumnya.
 
Capaian realisasi investasi sepanjang Juli-September 2023 itu tumbuh 7 persen dibandingkan capaian pada triwulan sebelumnya (q to q) dan berhasil menyerap 516.467 orang tenaga kerja Indonesia (TKI).
 
"Alhamdulillah, realisasi investasi kita pada kuartal ketiga sebesar Rp374,4 triliun. Ini hampir kurang lebih tumbuh q to q 7 persen dan yoy 21,6 persen," kata Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam paparan realisasi investasi triwulan III 2023 di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Realisasi investasi KEK Gresik capai lebih dari Rp50 triliun
 
Secara rinci, realisasi investasi periode triwulan III 2023 terdiri dari Penanaman Modal Asing (PMA) yang mencapai Rp196,2 triliun (52,4 persen) dan realisasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) mencapai Rp178,2 triliun (47,6 persen).
 
Realisasi PMA tumbuh 16,2 persen secara year on year (yoy), sementara realisasi PMDN tumbuh 28,2 persen yoy.
 
"Ini mungkin dalam sejarah bangsa kita, bahwa sekalipun kita sekarang masuk tahun politik, tapi global itu menaruh perhatian dan kepercayaan yang luar biasa ditandai dengan realisasi investasi ini," katanya.
 
Bahlil pun menegaskan sikap investor biasanya akan cenderung wait and see di tahun politik. Namun, di Indonesia, justru para investor agresif merealisasikan investasi mereka di Tanah Air.
 
"Jadi kalau ada orang yang katakan di tahun politik terjadi wait and see, itu biasa. Tapi ini yang terjadi bukan wait and see, tapi mereka malah agresif untuk bagaimana mereka realisasikan investasi yang mereka komitmenkan," katanya.

Baca juga: Realisasi investasi KEK Galang Batang telah capai Rp17,9 triliun 
 
Di sisi lain, stabilitas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang baik di tahun politik juga menjadi faktor penting tetap tumbuhnya investasi.
 
"Mudah-mudahan ini bisa terjaga betul sampai dengan bulan Desember, kalau bisa kampanyenya, ya kampanye saja tapi jangan bawa kampret cebong, fair saja. Supaya proses politik, demokrasi berjalan baik, ekonomi juga berjalan baik. Adu gagasan saja," katanya.
 
Proyek investasi di periode tersebut tersebar paling banyak di DKI Jakarta, Jawa Barat. Jawa Timur, Banten dan Maluku Utara.
 
Lima besar sektor realisasi investasi sepanjang periode ini yaitu industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya; pertambangan; transportasi, gudang dan telekomunikasi; industri kimia dan farmasi; serta perumahan, kawasan industri dan perkantoran.
 
Sementara itu Singapura, China, Hong Kong, Jepang, dan Malaysia tercatat sebagai lima negara teratas yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia sepanjang Juli-September 2023.
 
Secara kumulatif, sepanjang Januari-September 2023, realisasi investasi telah mencapai Rp1.053,1 triliun atau telah mencapai 75,2 persen dari target yang ditetapkan Presiden Jokowi sebesar Rp1.400 triliun. Realisasi sepanjang periode ini telah menyerap sebanyak 1.365.648 orang TKI.
 
Capaian tersebut tumbuh 18,0 persen secara yoy dengan rincian realisasi PMA sebesar Rp559,6 triliun (53,1 persen) dan realisasi PMDN sebesar Rp493,5 triliun (46,9 persen).

Baca juga: Realisasi investasi di Jaksel capai 179 persen dari target
 
Capaian realisasi investasi sepanjang Januari-September 2023 tersebar di lima besar sektor yaitu industri logam dasar, barang logam, bukan mesin dan peralatannya; transportasi, gudang dan telekomunikasi; pertambangan; perumahan, kawasan industri dan perkantoran; serta industri kimia dan farmasi.
 
Realisasi investasi sepanjang periode tersebut tersebar paling banyak di Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Sulawesi Tengah  dan Banten.

Singapura, China, Hong Kong, Jepang dan Amerika Serikat tercatat sebagai lima negara teratas yang paling banyak menanamkan modal di Indonesia sepanjang Januari-September 2023.
 
 
 
 
 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023