Ambon (ANTARA) - Ratusan pemuda Maluku yang tergabung dalam Aliansi Peduli Palestina menggelar aksi solidaritas dan doa bersama untuk Palestina di halaman Masjid Raya Al-Fatah Ambon.

Aksi solidaritas Palestina ini dilakukan untuk mengekspresikan dukungan dan solidaritas terhadap rakyat Palestina dalam perjuangan mereka memperoleh keadilan, hak asasi manusia dan kemerdekaan.

“Aksi solidaritas Palestina penting untuk memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina dan mendukung perjuangan mereka untuk kemerdekaan, perdamaian dan keadilan,” kata Koordinator lapangan (Korlap) aksi, Mustaqim Rumasukun, di Ambon, Jumat.

Baca juga: Ratusan masyarakat Bengkulu gelar aksi bela Palestina

Dalam aksi tersebut, ratusan pemuda tersebut mengibarkan bendera Palestina, membawa spanduk dengan pesan perdamaian, dan menyuarakan tuntutan agar konflik di Palestina segera berakhir.

Aksi solidaritas ini mencerminkan keinginan generasi muda Maluku untuk berkontribusi dalam upaya menciptakan perdamaian di Palestina dan mengakhiri penderitaan yang telah berlangsung begitu lama.

Baca juga: Aksi solidaritas dan galang donasi beli ambulance untuk Palestina

Mustaqim mengaku, turut prihatin serta menyampaikan duka cita mendalam atas jatuhnya korban para syuhada yang tengah memperjuangkan kemerdekaan bangsa Palestina.

"Maka kami menyerukan seluruh pemimpin dunia, khususnya Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) untuk segera mengakhiri aneksasi dan penjajahan yang dilakukan Zionis Israel terhadap bangsa Palestina," terangnya.

Baca juga: KSPI batasi peserta aksi solidaritas buruh untuk Palestina

Aliansi Pemuda Maluku Peduli Palestina juga mendukung langkah Pemerintah Indonesia untuk terus melakukan upaya diplomasi Internasional dan menyuarakan dukungan kemerdekaan bagi bangsa Palestina.

"Kami juga mendesak agar dibuka pintu perbatasan rafah, sebagai jalur masuknya bala bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Ini beberapa sikap tegas kami," ucapnya.

Baca juga: Puluhan ormas gelar gerakan peduli Palestina

Selain aksi dalam bentuk demonstrasi, Aliansi Pemuda Maluku Peduli Palestina ini juga menggalang dana sekaligus membuka donasi untuk membantu masyarakat di Palestina.

Oleh karena itu, bagi masyarakat yang ingin membantu dapat mengirimkan bantuan melalui rekening Bank Syariah Indonesia (BSI) 7183501237 atas nama Dompet Dhuafa Maluku.

Baca juga: ACT Sumsel gelar aksi solidaritas selamatkan Palestina
Baca juga: Donasi untuk Palestina, pelajar di Semarang gelar aksi solidaritas


Pewarta: Winda Herman
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2023