Tsonga berhasil menumbangkan juara 17 kali Grand Slam itu dengan tiga set langsung 7-5, 6-3, 6-3
Jakarta (ANTARA News) - Petenis tuan rumah, Jo-Wilfried Tsonga, berhasil menyingkirkan petenis unggulan kedua asal Swiss untuk melaju ke babak semifinal turnamen Grand Slam Prancis Terbuka.

Tsonga berhasil menumbangkan juara 17 kali Grand Slam itu dengan tiga set langsung 7-5, 6-3, 6-3, di lapangan Philippe Chartrier, Paris, Selasa.

Ini merupakan catatan baru bagi petenis tuan rumah yang berhasil mencapai babak semifinal di turnamen Prancis Terbuka, sejak Gael Monfils berhasil masuk semifinal di tahun 2008.

Petenis unggulan 6 itu tidak kehilangan satu angka pun dari servis pada dua game pembuka di set pertama, tetapi Federer yang pertama kali mematahkan servis Tsonga untuk keunggulan 3-2.

Kemudian Tsonga memperoleh deuce pada posisi 3-4 saat Federer memegang servis. Tsonga berhasil mematahkan servis Federer untuk, berkat pukulannya yang mengenai atas net saat reli pukulan dengan Federer. Tsonga menyamakan kedudukan 4-4.

Pada kedudukan 6-5 untuk Tsonga, Federer tertinggal 0-40 dan melakukan servis dengan ketidakyakinan. Tsonga mengirim pukulan forehand bertenaga dari garis belakang dan bola tidak berhasil dijangkau raket Federer, kedudukan 7-5 di set pertama dalam waktu 39 menit.  

Pada set kedua, Tsonga tampak percaya diri dan nyaman. Tsonga berhasil mematahkan servis Federer sekali. Kemudian Federer mencoba untuk tidak melakukan kesalahan kedua, tetapi dia memukul bola jauh ke luar lapangan tiga kali berturut-turut. Tsonga menang 6-3.

Tidak ada tanda-tanda petenis asal Prancis tersebut untuk mengendurkan permainan. Pada permulaan set ketiga Tsonga berhasil mematahkan servis Federer. Tetapi kemudian Federer berhasil mematahkan servis Tsonga.

Pada kedudukan 3-3, pada game 7 set 3 yang penting, Federer gagal mamanfaatkan smash dan mengirim bola keluar lapangan. Di poin berikutnya, Tsonga melakukan voli dan berhasil mendapatkan break poin lagi.

Kemudian Tsonga menutup pertandingan dengan menggagalkan servis maestro tenis asal Swiss tersebut sekali lagi dan menutup dengan 6-3. Demikian laporan yang dirilis situs resmi turnamen (www.rolandgarros.com).

"Saya rasa dia bermain luar biasa. Dia berada di semua area lebih baik ketimbang saya hari ini," kata mantan petenis nomor satu dunia, Roger Federer, mengomentari kekalahannya.

Penerjemah: Ella Syafputri
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013