Jakarta (ANTARA) - PSM Makassar mengakhiri rentetan kekalahan seusai menghajar Arema FC dengan skor 3-0 pada pekan ke-16 Liga 1 Indonesia di Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare, Jumat.
 
Pada tiga pertandingan terakhirnya di ajang Liga 1, PSM Makassar tercatat selalu menelan kekalahan dan kemenangan ini mematahkan tren negatif tersebut, demikian catatan Liga Indonesia.
 
Kemenangan PSM Makassar atas Arema FC hadir berkat dua gol yang dicetak oleh penyerang asal Portugal Adilson Silva dan satu tambahan dari Ricky Pratama.
 
Hasil ini membuat PSM Makassar naik ke peringkat 10 klasemen sementara Liga 1 Indonesia dengan raihan 21 poin dari 16 pertandingan, sedangkan Arema FC masih tertahan di posisi 16 dengan 13 poin.

Baca juga: Pelatih Arema FC sudah pelajari gaya permainan PSM Makassar
 
Secara statistik pada pertandingan ini Arema FC lebih mendominasi dengan mencatatkan 72 persen penguasaan bola dan melepaskan 12 tendangan yang enam di antaranya tepat sasaran, namun PSM Makassar dapat bermain lebih efektif.
 
PSM mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu pada pertandingan ini dan mampu memberikan ancaman melalui sundulan Adilson Silva, namun bola dapat ditepis kiper Arema Julian Schwarzer.
 
Selanjutnya giliran Arema yang memberikan ancaman melalui tendangan keras Gustavo Almeida, akan tetapi dapat dihalau kiper PSM Reza Arya Pratama.
 
Arema kembali mendapatkan peluang emas, kali ini melalui tendangan Charles Lokolingloy yang kembali dapat dihalau oleh Reza Arya.
 
PSM sukses mencuri keunggulan terlebih dahulu pada menit 42 setelah umpan terobosan Ananda Raehan dapat diterima Adilson yang selanjutnya membobol gawang dari Arema sehingga skor berubah menjadi 1-0. Skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.
 
Memasuki babak kedua, Arema berusaha untuk mencari gol penyeimbang dan terus berupaya membongkar lini pertahanan PSM, namun tak membuahkan hasil.
 
Sementara itu PSM yang mengandalkan bola-bola jauh berhasil menambah keunggulan menjadi 2-0 setelah umpan Ricky Pratama dapat diubah menjadi gol kedua Adilson pada menit ke-83.
 
Ricky melengkapi kemenangan PSM menjadi 3-0 setelah tendangan keras dari luar kotak penalti yang ia lepaskan tak dapat dibendung oleh Schwarzer ketika laga memasuki waktu tambahan. Skor 3-0 untuk kemenangan tim tuan rumah tetap bertahan.
 
Selanjutnya pada pekan ke-17 Liga 1 Indonesia, PSM Makassar akan bertandang ke markas Rans Nusantara FC, Senin (30/10), sedangkan Arema FC menjamu Madura United, dua hari sebelumnya.

Baca juga: Pelatih PSM minta semua pihak lupakan semua masalah yang ada
Baca juga: Pemain Madura United diharapkan kembali dengan semangat tinggi

Pewarta: Aldi Sultan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023