"Kami menjamin setiap masyarakat untuk bisa menyalurkan hak politiknya dengan datang ke TPS memberikan suaranya tanpa khawatir adanya gangguan keamanan,"
Banjarbaru (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menginisiasi gelaran deklarasi kebangsaan Pemilu 2024 yang damai dan kondusif dengan mengobarkan semangat menjaga persatuan dan kesatuan.

"Alhamdulilah deklarasi ini menjadi tonggak awal dalam memastikan pemilu berjalan dengan aman, tertib, dan demokratis dalam suasana sejuk dan penuh kedamaian," kata Kapolda Kalsel Irjen Pol Andi Rian R Djajadi di Banjarbaru, Sabtu.

Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa dan Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono memimpin langsung ikrar dan penandatanganan deklarasi kebangsaan pemilu damai yang diikuti oleh sejumlah pemangku kepentingan, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakiilan partai politik, dan perwakilan dari berbagai lapisan masyarakat di Auditorium Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru itu.

Kapolda menekankan pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas selama periode pemilu.

Dia juga mengajak semua pihak untuk bekerja sama dalam semangat persatuan dan kesatuan demi kesuksesan pemilu tanpa adanya konflik dan pertikaian.
 
Ketua KPU Kalsel Andi Tenri Sompa dan Ketua Bawaslu Kalsel Aries Mardiono memimpin ikrar dan penandatanganan deklarasi kebangsaan pemilu. (ANTARA/Firman)


Kapolda menyatakan Polri berkomitmen untuk memberikan perlindungan dan keamanan selama proses pemilu berlangsung.

"Kami menjamin setiap masyarakat untuk bisa menyalurkan hak politiknya dengan datang ke TPS memberikan suaranya tanpa khawatir adanya gangguan keamanan," tegasnya.

Sementara Andi Tenri pada saat pembacaan deklarasi mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan agar mengucapkan ikrar tidak sekadar mengucapkan, akan tetapi ucapan tersebut merasuk dalam jiwa sanubari dan diimplementasikan pada seluruh tahapan pemilu.

Pewarta: Firman
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023