Kita punya tujuan sama yakni bermanfaat untuk masyarakat
Makassar (ANTARA) - Kodam XIV/Hasanuddin bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Kesehatan memperingati HUT ke-78 TNI.

"Baksos kesehatan kita ini hasil kerja sama dengan Yayasan Buddha Tzu Chi Makassar. Kita punya tujuan sama yakni bermanfaat untuk masyarakat," ujar Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso di Makassar, Sabtu.
​​​​​​
Baksos kesehatan yang diselenggarakan dari hasil kerja sama kedua pihak, yaitu Tzu Chi Makassar yang menggelar Baksos ke-141 dalam rangka peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI, dimana sebelumnya telah dilaksanakan prosesi skrining pada 14 Oktober.

Kemudian dari hasil skrining tersebut diperoleh 232 orang dengan rincian 130 orang pasien katarak, 17 orang pasien pyterygium, 34 orang pasien minor lokal, 26 orang pasien minor ga, 14 orang pasien hernia dan 11 orang pasien bibir sumbing.

Semua pasien yang telah melalui proses skrining itu mulai menjalani operasi pada 20-21 Oktober dengan melibatkan tenaga kesehatan dari Rumah Sakit Pelamonia dan Tzu Chi International Medical Association (TIMA).

“Di Indonesia banyak sekali suku, budaya, ras dan golongan tapi kita adalah satu Pancasila dan satu NKRI, semua sama artinya mari sama-sama keberagaman ini untuk menjadi kekuatan kita, yang justru membuat kita kompak dan solid untuk sama-sama menyisihkan waktu dibalik tugas kita, untuk melakukan kegiatan yang bermanfaat untuk masyarakat," katanya.

Baca juga: Kodim 1710/Mimika gelar bakti kesehatan peringati HUT ke-78 TNI
Baca juga: RSPAU Hardjolukito gelar bakti kesehatan peringati HUT TNI


Mayjen TNI Totok mengungkapkan bahwa kegiatan seperti ini merupakan suatu langkah yang tepat dalam situasi saat ini, dimana di pagi ini seluruh peserta yang hadir nampak berbahagia dan gembira untuk melaksanakan salah satu kegiatan ibadah dalam hal membantu orang lain.

“Memang di saat negara seperti ini kita harus melakukan seperti ini, ini namanya cooling system membuat orang senang dan membuat orang bahagia di tengah permasalahan," terangnya.

Ketua Budha Tzu Chi Perwakilan Makassar Suandi Gozal menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mewujudkan kegiatan ini.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada bapak Pangdam dan seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu, semoga niat baik kita dapat meringankan beban mereka yang membutuhkan," ucapnya.

Baca juga: TNI bagikan paket sembako di Monas saat rayakan HUT ke-78
Baca juga: TNI AL kerahkan kapal laksanakan baksos di Masalembu
Baca juga: Pemkab Sleman bersama AAU gelar baksos bagikan 2.500 paket sembako

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023