Lewat susur sungai ini juga sudah kita pastikan pengerjaan sesuai progres yang dilaporkan
Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menyebutkan bahwa progres normalisasi dan gotong royong bersih Sungai Deli telah mencapai sekitar 25 persen.

"Progres gotong royong bersih Sungai Deli kolaborasi Pemkot Medan dengan TNI AD yang dilakukan sejak 17 September 2023 mencapai 25 persen," ujar Bobby di Medan, Sumut, Sabtu.

Pihaknya memastikan persentase pengerjaan itu diperoleh dari seluruh sektor yang dimulai Sektor I hingga Sektor IV terhadap Sungai Deli di wilayah Kota Medan sepanjang 34,5 kilometer.

Sektor I Jembatan Belawan-Rumah Sakit (RS) Delima sepanjang 9,2 km, Sektor II RS Delima-RS Martha Friska 8,9 km, Sektor III RS Martha Friska-Jalan Palang Merah 7,5 km, dan Sektor IV Jalan Palang Merah-Kanal 8,5 km.

Data Dinas Sumber Daya Air Bina Marga Bina Konstruksi Kota Medan menyebut kegiatan normalisasi dan gotong royong bersih Sungai Deli dilakukan selama 64 hari kerja melibatkan 2.303 orang, di antaranya 1.000 personel TNI AD.

"Kita sudah cek pengerjaan di lapangan sesuai gambar kerja yang ditetapkan. Lewat susur sungai ini juga sudah kita pastikan pengerjaan sesuai progres yang dilaporkan," ujar Bobby.

Baca juga: Wali Kota Medan: Normalisasi Sungai Deli berjalan sesuai rencana
Baca juga: Pemkot Medan - TNI AD bersihkan 11.450 meter bantaran Sungai Deli


Pangdam I/BB Mayjen TNI Mochammad Hasan Hasibuan mengatakan, pengerjaan normalisasi dan gotong royong bersih Sungai Deli ini sudah berjalan hampir tiga pekan.

Pihaknya berharap keberadaan personel TNI/Polri dan masyarakat yang ikut terlibat dalam kegiatan ini terus bersama-sama menjaga dan memelihara Sungai Deli ini agar lebih baik ke depannya.

"Sepintas saya lihat dan laporan yang setiap harinya dikirim Dandim (Komandan Kodim) dan Aster (Asisten Teritorial) kepada saya ini sudah memuaskan. Jadi kita lihat dimana kurangnya," kata dia.

Pangdam mengaku pengerukan aliran Sungai Deli ini sudah dilakukan mulai dari titik awal di Sektor I, dan bahkan Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi akan membantu pengerjaan tersebut.

"Peralatan alat berat, truk dan personel kita cukup. Kita kekurangan alat pelampung untuk alat berat ekskavator. Direncanakan Kapolda Sumut akan memberikan bantuan alat apung dari Riau," papar Mochammad Hasan.

Baca juga: Kasad Dudung pimpin normalisasi Sungai Deli sepanjang 34,5 kilometer
Baca juga: Wali Kota Medan: 2024 ada denda Rp10 juta buang sampah ke Sungai Deli
Baca juga: Wali Kota Medan: 1.000 personel TNI AD bersihkan Sungai Deli


Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023