Apalagi kita ketahui bersama saat ini UMKM sedang bertumbuh, angka pertumbuhannya juga signifikan
Denpasar (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar menyatakan siap menindaklanjuti perluasan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan kepada debitur kredit usaha rakyat dari BRI.

Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar Cep Nandi Yunandar di Denpasar, Sabtu, mengatakan senada dengan arahan pusat, pihaknya berkomitmen memberikan proteksi secara berkeadilan bagi seluruh tenaga kerja.

"Apalagi kita ketahui bersama saat ini UMKM sedang bertumbuh, angka pertumbuhannya juga signifikan," ujar Cep Nandi.

Oleh karena itu, untuk wilayah Bali Cabang Denpasar akan langsung menindaklanjuti kerja sama yang telah disepakati antara BPJS Ketenagakerjaan dengan BRI.

Sebelumnya Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Anggoro Eko Cahyo dan Direktur Utama BRI Sunarso telah menandatangani kerja sama perlindungan jamsostek bagi para debitur KUR BRI.

"Kembali kami mengajak seluruh pekerja untuk memastikan dirinya terlindungi BPJS Ketenagakerjaan, terutama saat ini untuk debitur KUR, para debitur KUR mayoritas merupakan tulang punggung di keluarga," ujar Anggoro dalam keterangan tertulisnya.

Oleh karena itu harus dijamin mereka dan keluarganya agar terhindar dari risiko ekonomi dan sosial akibat risiko kerja yang mungkin terjadi, seperti risiko akibat kecelakaan kerja dan meninggal dunia.

Ia menambahkan, kerja sama guna mensinergikan fungsi saling mendukung optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan bagi penerima KUR ini merupakan tindakan lanjut sesuai Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2021 dan Peraturan Menteri Perekonomian No 1 Tahun 2023 tentang Pedoman Pedoman Pelaksanaan Kredit Usaha Rakyat.

Selain perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi debitur KUR, dua anak ahli waris debitur KUR juga akan mendapatkan manfaat beasiswa jika debitur KUR mengalami risiko meninggal dunia atau meninggal dunia akibat kecelakaan kerja sehingga mengurangi angka anak putus sekolah.

"Ini bentuk negara hadir menjamin seluruh pekerjanya, dengan terlindungi, debitur dapat memanfaatkan dana yang diperoleh dengan optimal. Seperti kampanye komunikasi kami, Kerja Keras Bebas Cemas. Pekerja dapat bekerja dengan keras, seluruh kecemasan akan risiko kerja akan ditanggung oleh BPJS Ketenagakerjaan," kata Anggoro.

Saat ini total akad KUR BRI sebanyak 2,3 juta pekerja, dari total tersebut sudah 81 persen debitur KUR Kecil telah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sedangkan KUR Mikro dan KUR Super Mikro masing-masing di kisaran 5 persen.

"Jumlah peserta melalui KUR Kecil sudah sangat baik, kami bersama BRI akan mendorong kembali pekerja yang akan menjadi debitur KUR Mikro dan Kur Super Mikro untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujar Anggoro.

Direktur Utama BRI Sunarso mengatakan BRI komitmen dalam mengoptimalkan kreditur mereka untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, dikarenakan peserta (debitur KUR) memiliki hak mendapatkan santunan jika terjadi risiko yang nantinya dapat digunakan untuk melunasi pokok pinjaman KUR.

Hal ini, lanjut Sunarso, merupakan salah satu implementasi dari amanat UU yang menyatakan bahwa setiap orang yang bekerja di Indonesia paling tidak enam bulan dalam bekerjanya itu berhak untuk diikutsertakan dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan," ucapnya.

"Apa yang sekarang dibantu oleh BRI, inilah yang akan menjadi target kita dari kerja sama ini. Jadi nasabah-nasabah penerima KUR diikutsertakan dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan," ucap Sunarso.

Menurut data BPJS Ketenagakerjaan, hingga tanggal 16 Oktober 2023 total manfaat santunan kematian dan beasiswa pendidikan yang telah diberikan kepada seluruh debitur KUR senilai Rp4,38 miliar, sedangkan untuk BRI saja telah mencapai Rp1,97 miliar.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Denpasar maksimalkan kepesertaan tenaga kerja BPU

Baca juga: BPJAMSOSTEK Denpasar berkomitmen beri perlindungan atlet Bali

Baca juga: BPJAMSOSTEK Denpasar harapkan kepesertaan dari anggota koperasi

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023