Denpasar (ANTARA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Bali Denpasar mengajak pemerintah kabupaten/kota dan perusahaan-perusahaan di Bali dapat mengikuti jejak para penerima penghargaan Paritrana Award dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

"Paritrana Award sudah pasti diterima oleh perusahaan-perusahaan yang berkontribusi besar dari sisi kepatuhan dan tertib administrasi dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan," kata Kepala BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar Opik Taufik di Denpasar, Rabu.

Dalam ajang penyerahan penghargaan Paritrana Award tingkat Provinsi Bali itu, untuk wilayah kerja Cabang Bali Denpasar, tercatat ada sejumlah pemerintah kabupaten dan perusahaan yang berhasil memenangkan beberapa kategori, di antaranya PT Bank BPD Bali sebagai juara 1 kategori perusahaan skala besar sektor keuangan, perdagangan dan jasa.

Baca juga: Perlindungan 100 pekerja rentan di Bali diawali dari Desa Tegal Harum

Selanjutnya PT Royal Resort International sebagai juara 1 kategori perusahaan skala menengah dan Rumah Sakit Umum Surya Husadha sebagai juara 2 kategori perusahaan sektor layanan publik.

"Alhamdulillah, Pemerintah Kabupaten Badung meraih juara 1 dan Pemerintah Kabupaten Jembrana juara 2," ujar Opik Taufik.

Pihaknya berharap atas capaian dari pemerintah daerah dan perusahaan penerima Paritrana Award dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah lainnya juga perusahaan-perusahaan yang ada dalam binaan Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Bali Denpasar ke depan untuk mengikuti jejaknya

"Pada perusahaan penerima penghargaan itu tidak adanya pendaftaran sebagian dari peserta, juga administrasinya tertib. Selanjutnya, ada dukungan untuk memberikan stimulus bantuan iuran kepada para peserta yang ada di lingkungan perusahaan tersebut di dalam program sertakan," katanya

Opik mengharapkan dapat menjadi pemacu untuk bisa mempercepat cakupan yang ada di Provinsi Bali dan dengan dukungan dari pemerintah daerah.

"PR ke depan kami tentunya sosialisasi dan edukasi serta dukungan pemerintah daerah supaya program BPJS Ketenagakerjaan ini berjalan baik di wilayah masing-masing," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati mengapresiasi ajang pemberian penghargaan Paritrana Award tingkat Provinsi Bali tersebut.

Baca juga: BPJAMSOSTEK Banuspa matangkan kesiapan Bali ikuti Paritrana Award

Baca juga: BPJAMSOSTEK Denpasar-Bali dorong kepesertaan pekerja sektor informal


"Dengan kegiatan ini kami mendorong kepatuhan tingkat provinsi dan kabupaten/kota. 'Astungkara' Bali lima kali mendapatkan nominasi berturut-turut cukup bagus," ujar pria yang biasa disapa Cok Ace itu.

Menurut Cok Ace, untuk meningkatkan cakupan kepesertaan dan perlindungan ketenagakerjaan diperlukan sinergi berbagai pihak.

"Kecelakaan kerja memang tidak kita inginkan, tetapi dengan adanya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan ini bisa meringankan," katanya.

Oleh karena itu, pekerja, pemberi kerja, masyarakat dan pemerintah hendaknya bersinergi untuk mewujudkan penyelenggaraan jaminan sosial melalui pelayanan yang berkualitas
 

Pewarta: Ni Luh Rhismawati
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023