Hangzhou, China (ANTARA) - Ketika mengunjungi Hangzhou, China, sepanjang pekan ini, maka Anda akan menemukan sosok burung imut berwarna biru bernama Fei Fei di setiap sudut jalanan, yang menjadi maskot dari Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Mengutip keterangan resmi Asian Para Games 2022, Minggu, desain Fei Fei terinspirasi dari motif "Burung Ilahi" atau burung yang merupakan pembawa kebahagiaan dalam budaya Liangzhu. Dalam perhelatan Asian Para Games keempat itu, Fei Fei diharapkan juga bisa menjadi pembawa pesan kegembiraan dan perbedaan budaya.

Fei Fei (飞飞) juga memiliki arti di setiap karakternya. "Fei" yang pertama berarti "burung yang terbang", yang juga berfungsi sebagai kiasan untuk inklusivitas, rasa hormat, dan persaudaraan antarmanusia. Sementara "Fei" kedua melambangkan kegigihan mental para-atlet dalam mengejar impian dan melampaui diri mereka sendiri.

Baca juga: Atlet boccia menang di laga pembuka kualifikasi grup APG Hangzhou

Maskot Fei Fei pun didominasi dengan warna biru, yang memadukan pola budaya Liangzhu di sekujur tubuhnya mulai dari sayap hingga pipi, serta huruf "i" di mahkotanya yang melambangkan kecerdasan dan kebahagiaan dalam olahraga, sekaligus Hangzhou yang terkenal dengan kemajuan teknologinya.

Selain itu, di dada Fei Fei juga bisa dilihat adanya cincin berisi 45 titik yang melambangkan anggota Komite Paralimpiade Asia (APC), dengan logo Olimpiade di tengahnya.

"Ia adalah perpaduan warisan Hangzhou dan dorongan inovasi teknologi, membawa kerinduan kita akan hidup berdampingan secara harmonis antara manusia dan alam," demikian kutipan dari Asian Para Games 2022 Hangzhou.

Pesan penuh optimisme pun turut dibawa Asian Para Games 2022 Hangzhou melalui motto mereka yaitu "Hearts Meet, Dreams Shine", yang diartikan secara harifiah sebagai "Hati Bertemu, Mimpi Bersinar". Motto tersebut membawa pesan yang sama dengan semboyan Asian Games yang melambangkan solidaritas dan konektivitas negara-negara Asia.

Sementara itu, Asian Para Games 2022 Hangzhou akan resmi dibuka pada Minggu (22/10) pukul 19.00 waktu setempat.

Baca juga: Dheva tampil dominan dalam babak penyisihan APG 2022 Hangzhou
Baca juga: CdM APG Hangzhou harapkan lawn bowls bisa penuhi target tiga emas

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023