Jakarta (ANTARA) - SMA Al-Izhar Pondok Labu (AIPL) menjadi juara liga basket pelajar Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Seri Jakarta Selatan usai menundukkan SMAN 47 Jakarta dengan skor 64-34 pada partai final di GOR Bulungan Jakarta.

Salah satu pemain AIPL Fakhri Putra Afrinaldi mengaku sangat senang dengan capaian timnya pada kompetisi DBL musim ini karena pada musim sebelumnya kalah di babak awal.

"Akhirnya semua kerja keras kami terbayar. Setelah musim lalu, kami harus menelan pil pahit langsung tersingkir pada babak pertama," kata Fakhri yang merupakan pelajar atlet kelas XII AIPL dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu. Fakhri mengemas 14 poin dan 8 rebound pada laga final ini.

Berbeda dengan persaingan DBL Seri Jakarta Selatan kategori putra yang berhasil menobatkan juara baru, gelar Ratu Jaksel tetap disandang oleh sang juara bertahan, SMAN 70 Jakarta atau Seventy.

Sekolah yang berbasis di Bulungan ini sukses menorehkan back-to-back champion alias dua musim beruntun mengunci gelar juara DBL Seri Jakarta Selatan. Usai sukses menundukkan ambisi revans Teladan atau SMAN 3 Jakarta, dengan keunggulan 74-31.

Kesuksesan ini diraih SMAN 70 Jakarta dengan berjuang tanpa pemain andalannya Maxine Maria Sutisna. Maxine menjadi Most Valuable Player (MVP) Seri DKI Jakarta musim lalu yang juga sukses menembus skuad elite DBL Indonesia All-Star 2022 ini mendapat beasiswa melanjutkan studinya di San Francisco, Amerika Serikat.

"Tanpa Maxine kami mengutamakan kerja sama tim. Meski kami kehilangan Maxine, tapi kami bisa menutupinya dengan bermain sebagai tim," ujar Keira Ammabel Hadinoto selaku kapten tim SMAN 70 Jakarta yang berkontribusi 14 poin, 9 assist, dan 7 rebound pada laga final.

Shinta Salsabila Syifa Nugroho tampil cemerlang sebagai pendulang angka tertinggi bagi Seventy, dengan kontribusi 20 poin dan 4 rebound. Seventy juga terbantu oleh kehadiran dua rookie alias debutan kembar bersaudara putri legenda Timnas Basket Indonesia Romy Chandra yang tampil impresif. Yakni, Kamila Rara Islami yang mengemas 14 rebound dan 5 poin, serta Kayla Rara Imani dengan 11 rebound dan 6 poin.

Baca juga: Honda segera gelar kompetisi basket bagi pelajar di Papua
Baca juga: Sebanyak 234 pebasket pelajar ikuti DBL Camp 2022 di Surabaya


Selain kategori putra dari AIPL dan kategori putri SMAN 70 Jakarta yang berstatus juara, dari Seri Jaksel atau South Region juga meloloskan tim putra SMAN 47 Jakarta dan putri SMAN 3 Jakarta sebagai runner-up untuk ikut bersaing memperebutkan gelar Seri Ibu Kota pada fase bergengsi Championship Series.

DBL telah menuntaskan pelaksanaan di empat wilayah (West Region, North & Central Region, East Region, serta South Region) yang berlangsung sejak Agustus lalu. Dari empat seri itu didapatkan total delapan tim putra dan delapan tim putri berstatus finalis dari empat wilayah. Mereka akan bersaing mengejar supremasi (champion) sebagai penguasa Seri DKI Jakarta musim ini.

"Kami senang dan bangga karena muncul kekuatan baru seperti tim putra SMA Al-Izhar Pondok Labu dan SMAN 47 Jakarta yang akan bersaing mewakili Jakarta Selatan di fase bergengsi Championship Series pada November nanti. Artinya, tingkat persaingan antarsekolah mengalami perkembangan yang baik musim ini," ujar Donny Rahardian, Vice President DBL Indonesia.

Seperti musim-musim sebelumnya, lanjut Donny, DBL Indonesia selaku penyelenggara akan menggelar pra event menjelang fase bergengsi atau babak puncak Seri Ibu Kota.

"Pekan depan, tepatnya tanggal 27 hingga 29 Oktober, kami akan menggelar acara Road to Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series. Kali ini kami akan gelar di Kemang Village," katanya.

Kegiatan tersebut merupakan sesi perkenalan tim delapan tim finalis putra dan putri dari empat wilayah, pengundian kompetisi, juga ada penampilan Top 12 DBL Dance Competition dari empat wilayah.

Finalis empat wilayah di Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Championship Series

PUTRA
SMA Bukit Sion (Jakarta Barat) - champion West Region
SMA IPEKA Puri (Jakarta Barat) - runner-up West Region
SMA Jubilee (Jakarta Utara) - champion North & Central Region
SMA Kolese Kanisius (Jakarta Pusat) - runner-up North & Central Region
SMAN 71 (Jakarta Timur) - champion East Region
SMAN 91 (Jakarta Timur) - runner-up East Region
SMA Al-Izhar Pondok Labu (Jakarta Selatan) - champion South Region
SMAN 47 (Jakarta Selatan) - runner-up South Region


PUTRI
SMAK 1 Penabur (Jakarta Barat) - champion West Region
SMA Dian Harapan (Jakarta Barat) - runner-up West Region
SMA Jubilee (Jakarta Utara) – champion North & Central Region
SMA 1 PSKD (Jakarta Pusat) – runner-up North & Central Region
SMAN 71 (Jakarta Timur) – champion East Region
SMAN 21 (Jakarta Timur) – runner-up East Region
SMAN 70 (Jakarta Selatan) – champion South Region
SMAN 3 (Jakarta Selatan) – runner-up South Region
 

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023